Bergerak memenuhi
guru profesional

PPG FKIP Universitas Muhammadiyah Surabaya Memperdalam Wawasan Kebangsaan dan Kebhinekaan Global

Universitas Muhammadiyah Surabaya (UM Surabaya) memperdalam wawasan kebangsaan dan memperkuat kebhinekaan mahasiswa PPG Dalam Jabatan (Daljab) angkatan 3. Prodi PPG FKIP UM Surabaya mengadakan Diklat yang diselenggarakan pada tanggal 20 Januari 2023 mulai dimulai pukul 08:00 WIB. Diklat ini dihadiri oleh 383 peserta yang terdiri dari mahasiswa PPG Daljab, dosen pengajar dan guru pamong PPG, serta pengelola PPG FKIP UM Surabaya.

Diklat wawasan kebangsaan dan kebhinekaan global ini dibuka oleh Dekan FKIP Universitas Muhammadiyah Surabaya, Dr. Ratno Abidin, M.Pd. Pentingnya pengungkapan beliau memperdalam wawasan kebangsaan mahasiswa PPG Daljab serta memperkuat pemahaman kebhinekaan global. Tidak hanya itu, beliau juga menyampaikan peran guru dalam menerapkan materi diklat ini di kelas untuk memperluas pengetahuan siswa dalam wawasan kebangsaan mereka, serta mempersiapkan siswa menjadi masyarakat dunia yang memiliki pikiran dan sikap terbuka.

Acara dibuka secara resmi oleh Bapak Ratno dan dipandu oleh Ibu Armeria Wijaya, SS., MP.d dosen S1 pendidikan Bahasa Inggris sekaligus sekretaris prodi PPG FKIP UM Surabaya dan Ibu Mirza Nanda Faradita, S.Pd., M.Pd., beliau adalah dosen Prodi S1 ​​Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) yang sekaligus menjadi Koordinator Bidang Studi PGSD di Prodi PPG UMSurabaya. 

Diklat ini juga mengundang dua pembicara, yakni ibu Endang Suprapti, S.Pd., M.Pd. dan Ibu Linda Mayasari, S.Pd., M.Pd. Ibu Endang merupakan Wakil Dekan I Bidang Akdemik FKIP UM Surabaya dan beliau juga merupakan dosen PPG FKIP UMSurabaya. 

Dengan menyampaikan materi diklat secara mendalam serta peserta kegiatan yang sangat antusias dan berpartisipasi aktif dalam mengikuti diklat tersebut.

Di akhir diklat salah satu peserta yaitu, Bapak Wa Penampo, S.Pd., dari Maluku Utara mengutarakan kesan selama mengikuti diklat “Melalui diklat ini menjadi memperdalam wawasan kebangsaan baik topik keanekaragaman budaya maupun toleransi untuk bisa kami implementasikan secara keturunan di sekolah kami” – tandasnya. 

Dalam penyelenggaraan PPG, FKIP UM Surabaya akan selalu memberikan dukungan dan mengembangkan kompetensi mahasiswa PPG seperti penyelenggaraan diklat seperti ini.

Penulis: Jepri Ali Saiful, Ph.D (Humas UM Surabaya)
Editor: Shintia Ira Claudia / Anyes Sedayu Pramesti

signal_cellular_alt dilihat: 28,905 x