Bergerak memenuhi
guru profesional

Cerdas Berkomunikasi, Universitas Negeri Semarang Bekali Mahasiswa PPG dengan Keterampilan Public Speaking

Semarang (27/1), Sekolah Pascasarjana Universitas Negeri Semarang (UNNES) mengadakan pelatihan Public Speaking bagi mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan . Acara bertema “Komunikasi Efektif untuk Pembelajaran yang Menyenangkan” ini diikuti oleh kurang lebih 1200 peserta dari berbagai program studi PPG. Pelaksanaan acara bagian menjadi empat sesi, sesi pertama dan kedua dilaksanakan pada tanggal 26 Januari, sedangkan sesi tiga dan empat dilaksanakan pada tanggal 27 Januari 2024. Pelatihan ini bert ujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara calon guru lulusan PPG UNNES secara efektif namun tetap menyenangkan saat siswa menghadapi - siswi dari generasi Z sampai generasi Alpa .

Pelatihan ini diselenggarakan oleh Sekolah Pascasarjana UNNES yang bekerja sama dengan CES “Citra Emas” School of Management and Public Relations , sebuah lembaga pelatihan yang fokus pada pengembangan kemampuan manajemen dan hubungan publik . Peserta pelatihan berasal dari kalangan calon guru. Mereka datang dengan antusiasme tinggi untuk memperoleh keterampilan public speaking yang menyenangkan dan membangun rasa percaya diri.

Pemateri Direktur PT. Citra Emas Sanjaya, Ir. Herawati, MM., menyampaikan bahwa public speaking sangat berguna dalam dunia pendidikan , terutama dalam memberikan kesan pertama di kelas saat pembelajaran . " Kesan Pertama : Kita tidak akan mendapatkan kesempatan kedua untuk mendapatkan kesan pertama” ujarnya.

Acara ini menampilkan serangkaian sesi pelatihan yang dipandu oleh para ahli di bidang public speaking . Peserta diajak untuk memahami prinsip komunikasi, hambatan komunikasi, dan berbagai elemen utama mengenai public speaking . Selain itu, mereka juga diberikan kesempatan untuk berlatih langsung di depan kelompok, mendapatkan umpan balik konstruktif dari fasilitator dan rekan-rekan sesama peserta.

“Kegiatan seperti ini sangat penting dalam hal meningkatkan keterampilan komunikasi, menunjukkan integritas, dan meningkatkan citra merek pribadi bagi siswa. Dalam dunia kerja, kemampuan Public Speaking akan membawa banyak keuntungan bagi pelajar dan perusahaan yang ia kerjakan. Public speaking membantu siswa untuk menjadi lebih percaya diri ketika berhadapan dengan banyak orang dan keterampilan ini sangat bermanfaat dalam berbagai situasi di dunia kerja, seperti presentasi proyek, negosiasi bisnis, atau diskusi ide" tanggapan Fradiksa S una H eribowo peserta pelatihan pada hari Jumat (26 /1/2024).

Acara berlangsung dengan penuh semangat dan antusiasme, menciptakan suasana yang mendukung pertumbuhan pribadi dan profesional mahasiswa PPG UNNES . Peserta diharapkan dapat menerapkan keterampilan yang mereka peroleh selama pelatihan ini dalam berbagai konteks, baik dalam keluarga , masyarakat , maupun kegiatan dunia pendidikan .

Pelatihan Public Speaking bagi mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan ini diharapkan menjadi salah satu langkah awal dalam meningkatkan keterampilan berbicara mahasiswa PPG UNNES dan memberikan kontribusi positif terhadap perkembangan pribadi dan profesional mereka sebagai calon guru bangsa . Sekolah Pascasarjana UNNES berencana untuk menyelenggarakan lebih banyak kegiatan serupa di masa depan untuk terus mendukung pengembangan komunikasi efektif bagi siswa calon kreatif pendidikan di masa depan.

Penulis: Tim Humas Universitas Negeri Semarang
Editor: Shintia Ira Claudia / Anyes Sedayu Pramesti

signal_cellular_alt dilihat: 2,400 x