Bergerak memenuhi
guru profesional

Penguatan Karakter Kewijayakusumaan bagi Mahasiswa PPG Prajabatan Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

Surabaya - Universitas Wijaya Kusuma Surabaya mengadakan kegiatan penguatan karakter bagi mahasiswa PPG Prajabatan gelombang 1 tahun 2022. Penguatan karakter kewijayakusumaan merupakan gerakan pendidikan untuk memperkuat karakter civitas akademika melalui harmonisasi olah hati (etik), olah rasa (estetis), olah pikir (literasi), dan olah raga (kinestetik). Kegiatan ini berlangsung pada hari Senin, 26 Juni 2023 diikuti 62 mahasiswa PPG Prajabatan 2022 angkatan 1. Dengan menggunakan sebuah bus dan elf mahasiswa diajak mengunjungi beberapa tempat bersejarah yang berkaitan erat dengan sejarah berdirinya Yayasan dan kampus Wijaya Kusuma Surabaya. 

Perjalanan dimulai dari pelataran replika candi penataran UWKS. Mahasiswa mendapatkan pembekalan awal dari Dekan Fakultas Bahasa dan Sains Universitas Wijaya Kusuma Surabaya, Dr. Kaswadi, M.Hum. Para mahasiswa akan diperkenalkan dengan tokoh yang berjasa atas berdirinya Yayasan Wijaya Kusuma yang menjadi cikal bakal kampus UWKS. Kemudian mahasiswa akan diajak mengunjungi tempat-tempat bersejarah agar dapat menauladani sejarah kerajaan.

Lokasi berikutnya sekretariat Yayasan Wijaya Kusuma JL. Progo no 12 Surabaya. Lokasi ini merupakan rumah salah satu pendiri UWKS yaitu H. Moch Said. Para mahasiswa mendapat cerita pembentukan Yayasan di sebuah rumah di dekat Taman Bungkul Surabaya. Narasumber kegiatan ini Andi Aruji, S.E, M.Agr. Mahasiswa pun diberi gambaran terkait tujuan pengauatan karakter kewijayakusumaan ini oleh Ketua Program Studi PPG UWKS, Dra. Anik Kirana, M.Pd bahwa mengenalkan tempat bersejarah ini dapat memberikan tauladan atas sifat-sifat ksatria dan welas asih yang dimiliki para Raja beserta orang-orang pendahulunya. Diharapkan mahasiswa PPG ini akan menjadi pemimpin di masa depannya.

Usai mengunjungi rumah di Jalan Progo, para mahasiswa diarahkan menuju Gapura Wringin Lawang Trowulan. Situs ini terletak di Desa Jati Pasar Kecamatan Trowulan Kabupaten Mojokerto. Situs ini sebagai bukti kemegahan kerajaan Majapahit dengan ditemukannya artefak gapura pintu kerajaan. Dengan mengunjungi situs tersebut diharapkan mahasiswa mempunyai semangat untuk membangun Pendidikan di Indonesia lebih baik lagi.
signal_cellular_alt dilihat: 1,359 x