Bergerak memenuhi
guru profesional

Mahasiswa PPG Prajabatan Universitas Muhammadiyah Purwokerto ikuti KMD dan KML


PURWOKERTO : Sebanyak 288 mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang 1 FKIP Universitas Muhammadiyah Purwokerto, mengikuti kegiatan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) dan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Lanjutan (KML). Kegiatan dilaksanakan selama 5 (lima) hari sejak tanggal 18 sampai dengan 22 Juni 2023 dalam bentuk perkemahan bertempat di Pusat Pendidikan dan Latihan Kepramukaan Kendalisda Kwartir Cabang Banyumas

Kegiatan ini merupakan bentuk kerjasama yang dilaksanakan secara rutin setiap tahunnya antara Prodi PPG FKIP UMP dengan Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Banyumas dalam bidang peningkatan kapasitas anggota dewasa Gerakan Pramuka, calon tenaga pendidik kepramukaan. Anggota dewasa dalam Gerakan Pramuka mempunyai tugas yang berbeda-beda sesuai dengan fungsinya dalam penyelenggaraan pendidikan kepramukaan. Sehubungan dengan hal tersebut, anggota dewasa diharapkan dapat meningkatkan kemampuan dirinya melalui pendidikan dan pelatihan diantaranya adalah KMD dan KML yang dilaksanakan sebagai upaya untuk memberikan bekal pengetahuan dasar dan pengalaman praktis membina Pramuka, serta menguatkan pemahaman dan keterampilan manajemen pengelolaan gugus Depan Pramuka. KMD dan KML dikemas dengan pola segmental, melalui pendekatan kontekstual dan penerapan metode secara elektik yang ditetapkan oleh Kwartir Nasional, diorientasikan pada terkuasainya lima kompetensi, yaitu Kompetensi Wawasan Kependidikan dan Kepramukaan, Kompetensi Teknik Kepramukaan, Kompetensi Manajemen Kegiatan Kepramukaan, Kompetensi Keterampilan Dasar Kepramukaan dan Kompetensi Kepribadian.

Kegiatan KMD KML dibuka oleh Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Banyumas Kak Agus Nurhadie, S.Sos.,M.Si. Dalam sambutannya Kak Agus Nurhadi menyampaikan pentingnya peningkatan kapasitas tenaga pendidik kepramukaan melalui Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar dan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Lanjutan, agar pendidikan Kepramukaan yang dilaksanakan di Gugus depan Pramuka dapat dilaksanakan dengan baik. Lebih lanjut Kak Agus sapan akrabnya menyampaikan bahwa paska kursus, para pembina wajib melaksanakan pengembangan berupa Narakarya Dasar dan Narakarya Lanjutan di Gugusdepan selama minimal 6 bulan.

Ketua Prodi PPG UMP Dr. Wildan Nurul Fajar saat memberikan pengarahan didepan para mahasiswa peserta KMD KML, mengajak kepada seluruh peserta kursus untuk mengikuti seluruh rangkaian kegiatan yang telah disiapkan oleh Pusdiklatcab Kendalisada dengan dengan sebaik-baiknya. ”Saya minta kepada para mahasiswa, ikuti seluruh prosesnya, dapatkan pengetahuan, pengalaman dan ketrampilannya untuk bekal kakak – kakak nantinya saat membina pramuka di gugus depan”. Lebih lanjut disampaikan bahwa kegiatan KMD dan KML diharapkan dapat mengembangkan kompetensi kepribadian dan sosial guna melengkapi kompetensi lainnya yaitu kompetensi pedagogik dan professional yang diharapkan dari lulusan PPG.

Terpisah Kepala Pusdiklatcab Kendalisada Ipda Yusup Supriyadi, S.H menjelaskan bahwa KMD KML bagi mahasiswa prajabatan Prodi PPG UMP terdiri dari KMD Golongan Siaga, Penggalang dan Penegak serta KML Golongan Siaga dan Penggalang.  Kurikulum KMD KML sesuai pentunjuk penyelenggaraan Gerakan Pramuka nomor 048 tahun 2018, adalah sebanyak 70 jam pelajaran, dengan Standar Kompetensi KMD adalah peserta mampu menjadi pembina Pramuka Siaga, Penggalang, Penegak, dengan menggunakan metode kepramukaan dalam proses latihan kepramukaan sehingga menghasilkan Pramuka Siaga, Penggalang, Penegak yang berkarakter, berkebangsaan, berkecakapan hidup, dan peduli lingkungan sesuai dengan jenjangnya. Sedangkan Standar kompetensi KML adalah peserta mampu menjad pengelola gugus depan atau ketua gugus depan, dan mengelola serta memfasilitasi kegiatan Perindukan Siaga, Pasukan Penggalang, Ambalan Penegak dengan menggunakan metode kepramukaan dalam proses pendidikan kepramukaan sehingga menghasilkan gugus depan unggul.

Red: Shintia Ira Claudia

signal_cellular_alt dilihat: 1,679 x