Bergerak memenuhi
guru profesional

Mahasiswa PPG FKIP UMM Ikuti Kursus Pembina Pramuka

MALANG KOTA - Mahasiswa Program Pendidikan Guru (PPG) Prajabatan Kemendikbudristek Gelombang 2 Tahun Akademik 2022/2023 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dibekali ilmu Pramuka. Mereka mengikuti Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) dan Kursus Mahir Tingkat Lanjutan (KML) mulai Sabtu (18/11). 


Acara diawali dengan pemberian materi secara online selama tiga hari hingga Senin (20/11). Kemudian dilanjutkan dengan perkemahan yang dibuka kemarin (21/11) di Bumi Perkemahan Taman Rekreasi Sengkaling (TRS) Universitas Muhammadiyah Malang. Ketua Panitia Arina Restian menyebutkan total peserta kegiatan tersebut sebanyak 304 orang. Rinciannya, jenjang KMD diikuti sebanyak 226 peserta dan jenjang KML sebanyak 78 peserta. ”KMD dan KML ini menjadi salah satu syarat menjadi pembina Pramuka,” tuturnya.


Perkemahan itu akan berlangsung hingga Kamis besok (23/11). Berbeda dengan pemberian materi melalui daring, selama perkemahan para mahasiswa lebih banyak mengimplementasikan ide dan kreativitasnya. Serta bagaimana bekerja bersama tim di sana. ”Kegiatan KMD dan KML ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan pembina Pramuka dalam membina peserta didik agar tercapainya tujuan gerakan Pramuka,” terang Arina. 


Kegiatan tersebut diharapkan dapat mengembangkan kompetensi kepribadian dan sosial guna melengkapi kompetensi lainnya. Yakni kompetensi pedagogik dan profesional. ”Saya harap kepada para mahasiswa, ikuti seluruh prosesnya, dapatkan pengetahuan, pengalaman dan keterampilan untuk bekal nantinya saat membina Pramuka di gugus depan,” imbuhnya. Acara pembukaan perkemahan ditandai dengan penerbangan balon dan penyematan tanda anggota kepada peserta. 


Wakil Dekan II FKIP UMM Prof Dr Abdulkadir Rahardjanto MSi menyebutkan bahwa kegiatan Pramuka tidak hanya untuk mengasah keterampilan kepramukaan saja. Tetapi juga tentang membangun karakter dan semangat kepemimpinan. ”Di tengah tantangan zaman yang terus berubah menjadi penting bagi kita khususnya calon pendidik dari PPG FKIP UMM untuk terus mengasah diri, baik secara intelektual maupun spiritual,” tuturnya. 


Tidak hanya mengajarkan tentang teknik dasar dan lanjutan kepramukaan. Mahasiswa juga bisa memperkuat nilai-nilai perjuangan, kedisiplinan, dan kerja sama. Menurutnya, Pramuka mengajarkan banyak hal penting. ”KMD dan KML adalah bukti nyata komitmen kami untuk terus mendukung mahasiswa untuk memiliki dasar-dasar penting sebagai pendidik,” imbuhnya. Ia juga menambahkan mahasiswa yang mengikuti kegiatan tersebut adalah mereka yang berani untuk mengambil langkah maju untuk tumbuh dan berkembang. Serta siap untuk menjadi agen perubahan yang positif dalam komunitas masyarakat bangsa dan negara.

signal_cellular_alt dilihat: 524 x