Bergerak memenuhi
guru profesional

FKIP UM Palembang Tingkatkan Wawasan Kebangsaan Global Peserta PPG Angkatan 1 dan 2 Tahun 2023

Sebanyak 58 mahasiswa PPG Prajabatan Universitas Muhammadiyah Palembang mengikuti kegiatan diklat Wawasan Kebangsaan yang digelar di Hotel Beston Palembang. Acara ini diselenggarakan oleh pengelola PPG FKIP UM Palembang dengan melibatkan beberapa narasumber yang berkualitas. Sebagian besar Narasumber adalah dosen-dosen senior dan dosen-dosen muda yang berkualifikasi S3 dari enam program studi  yang ada di FKIP.

Dalam acara yang penuh dengan kegiatan simulasi dan bermain peran, Dekan FKIP Universitas Muhammadiyah Palembang turut hadir, Prof. Dr. Indarwan Syahri M.Pd., menyampaikan harapan agar kegiatan ini membuka wawasan mahasiswa terhadap keberagaman dan keindahan tradisi dan budaya di Indonesia, termasuk pengetahuan terhadap budaya asing. Lebih lanjut, Indawan Syahri, yang juga guru besar pendidikan bahasa Inggris ini, mengatakan: dengan pemahaman berbagai budaya lokal dari berbagai daerah, peserta dapat lebih menghargai perbedaan. Tentu, muncul rasa saling menghargai dan toleran. Terhadap budaya global dan budaya asing, peserta diharapkan dapat lebih siap berinteraksi dengan masyarakat global, dan juga dapat lebih selektif mana budaya yang relevan dan juga mana tidak baik untuk diikuti. Diklat ini penting bagi seluruh peserta calon guru profesional untuk mengasa agar maklum terhadap perbedaan, toleransi dan adaptif terhadap kemajuan. Pada giliranya, guru dapat mentransformasikan nilai (values) ini kepada peserta didik.

Dengan dukungan pemateri berkualitas, kegiatan ini menjadi wadah bagi para mahasiswa PPG Prajabatan untuk menggali pengetahuan dan memperluas pandangan mereka dalam menghadapi tantangan global di dunia pendidikan. Semoga, melalui kegiatan ini, mahasiswa dapat melahirkan generasi guru yang tidak hanya terampil secara akademis, tetapi juga memiliki kepekaan terhadap keragaman dan cakupan informasi global.

Penulis: Medio Lailatin Nisphi
Editor: Shintia Ira Claudia / Anyes Sedayu Pramesti

signal_cellular_alt dilihat: 1,248 x