Bergerak memenuhi
guru profesional

Yudisium Mahasiswa Program PPG Prajabatan Gelombang I Tahun 2022 FKIP Universitas Muhammadiyah Palembang Tahun 2023

PALEMBANG – FKIP Universitas Muhammadiyah (UM) Palembang melaksanakan Yudisium Mahasiswa Program PPG Prajabatan Gelombang I Tahun 2022 bertempat di Hotel Beston Palembang, Sabtu (18/11/2023). Acara berlangsung hikmat dengan ditandai dengan pembukaan oleh pembawa acara Hendra, S.Pd.,M.Si sekaligus menjabat Sekretaris PPG FKIP UM Palembang dan dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Alquran oleh Abdul Kadir, S.Kom.

Koordinator PPG FKIP UM Palembang, Dr Saleh Hidayat,M.Si pada kesempatan ini melaporkan bahwa mahasiswa PPG Prajab Gelombang I Tahun 2022 dinyatakan lulus berdasarkan Surat Keputusan Dirjen GTK NO. 5457/B.B2/GT.00.08/2023 tanggal 13 September 2023. “Adapun para peserta terdiri dari 3 bidang studi yaitu bahasa Indonesia, bahasa Inggris dan Biologi yang dikelompokkan menjadi dua rumpun yaitu Bahasa dan MIPA. Jumlah mahasiswa yang lulus di bidang studi bahasa Indonesia 12 orang, bahasa Inggris 16 orang (1 orang terlambat lapor diri) dan bidang studi biologi sebanyak 25 orang (1 orang tidak lapor diri, 1 meninggal dunia) dengan totalnya 50 orang,” ujar Dr Saleh Hidayat, M.Si.

Menurutnya, para peserta ini tersebar dari beberapa provinsi selain Sumsel. Setelah mengikuti pemetaan untuk ditempatkan sebagai guru di mana mereka berdomisili. Sementara itu pelaksanaan PPG Prajabatan di FKIP UMPalembang saat ini sudah memasuki angkatan Gelombang 3 yang sudah dipersiapkan. Terkait dengan kepercayaan pemerintah kepada lembaganya sebagai penyelenggara PPG Prajabatan. “Khusus untuk alumni Angkatan Gelombang I ini sudah ada usulan membentuk ikatan alumni,” tambah Dr. Saleh Hidayat, M.Si.

Sementara itu, Dekan FKIP UM Palembang, Dr Rusdy.A.Siroj,M.Pd mengatakan yudisium kegiatan PPG Prajabatan ini untuk yang pertama di FKIP UM Palembang. “Alhamdulilah kita bersyukur angkatan I ini semua dinyatakan lulus. Sesuai dengan program pemerintah mereka dapat ditempatkan sesuai dengan bidang mereka masing-masing program studinya. Langsung ditempatkan di sekolah-sekolah sesuai dengan bidang masing-masing dan mereka mendapatkan kepastian tentang kedudukan dan posisi sebagai guru sesuai dengan rencana pemerintah seperti ASN atau PPPK dan tunjangan segera mereka peroleh dari pemerintah,” kata Dr Rusdy. A. Siroj, M.Pd.

Terkait 6 prodi di FKIP UM Palembang disebutkan Dr Rusdy bahwa pihaknya sudah mempersiapkan calon-calon guru yang akan terjun ke masyarakat. Jumlah dosen yang akan mengampu mata kuliah di PPG FKIP UMPalembang sudah siap dan tahun depan direncanakan akan menambah satu lagi Program PPG untuk bidang Studi Pendidikan Sejarah. Terhadap semangat para lulusan PPG Prajabatan ini, Dr Rusdy mengimbau untuk tetap semangat. “Terima dulu formasi yang sudah ditetapkan pemerintah. Sudah dinyatakan lulus maka terima. Selain itu, setelah dinyatakan sebagai lulusan PPG secara persyaratan sudah mendapat sertifikat pendidik sebagai guru profesional. Ke depan terus update dan upgrade diri supaya terus profesionalkan diri,” ujarnya.

Rektor UM Palembang yang diwakili Wakil Rektor I Prof Dr Indawan,M.Pd pada kesempatan ini mengatakan alhamdulilah FKIP UM Palembang sudah beberapa tahun mendapat kepercayaan dari pemerintah untuk menyelenggarakan program PPG Prajabatan ini. “Alhamdulilah yudisium sebagai pertanda selesainya mereka mengikuti perkuliahan PPG di FKIP UM Palembang, mudah-mudahan ditempatkan pemerintah ke berbagai sekolah dengan harapan apa yang sudah diberikan selama mengikuti pelajaran akan diaplikasikan di tempat tugas baru dengan profesional karena sangat berdampak pada mutu pendidikan di sekolah. Sesuai harapan pemerintah, PPG dibuat untuk calon guru menjadi lebih profesional,” kata Prof Indawan seraya menambahkan bahwa UM Palembang siap setiap saat sebagai penyambung program pemerintah dalam Program PPG ini dalam rangka membentuk SDM pendidik yang berkualitas.

Universitas Muhammdiyah Palembang yang disebutkannya saat ini sudah dipercaya pemerintah dengan sudah melaksanakan beberapa program studi. “Kita akan terus menjaganya dan sesuai dengan evaluasi pemerintah terhadap lembaga kami maka kami akan terus menjaga baik kualitas mutu maupun proses,” kata Prof Indawan. Mewakili Alumni PPG Prajabatan Gelombang I Tahun 2022, Medio Lailatin Nisphi, S.Pd.GR.,M.Pd dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada FKIP UM Palembang yang sudah ‘membentuk ‘ dirinya bersama alumni lain sehingga sampai ke batas yudisium ini.  “Hari ini kami dapat gelar baru GR bukan kepedean tapi guru profesional. Saya kebetulan dari rumpun bahasa Indonesia, pada kesempatan ini melalui perwakilan alumni . saya yang ditunjuk sebagai Koordinator wilayah Sumsel untuk turun mengerakkan ikatan alumni  PPG Sumsel. Saya berdiri di sini dengan rasa haru dan bangga sekaligus terima kasih ke pengelola PPG FKIP UMPalembang yang berjasa kepada perjalanan panjang kami. banyak penbelajaran berharga kami dapatkan,” kata Medio.


Penulis: Tim Publikasi Universitas Muhammadiyah Palembang
Editor: Shintia Ira Claudia/Anyes Sedayu Pramesti

signal_cellular_alt dilihat: 1,912 x