Bergerak memenuhi
guru profesional

Direktorat PPG Selenggarakan Simposium Hasil Penjaminan Mutu Program PPG 2023

Jakarta, Direktorat Pendidikan Profesi Guru (PPG) menyelenggarakan kegiatan Simposium Hasil Penjaminan Mutu Program Pendidikan Profesi Guru Tahun 2023 pada kamis-sabtu, 21-23 Desember 2023. Kegiatan ini dilaksanakan di Hotel Peninsula, DKI Jakarta. Peserta kegiatan ini terdiri dari 130 Koordinator PPG atau yang mewakili dari Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) Kampus penyelenggara PPG. Agenda ini dilaksanakan dalam rangka sebuah evaluasi dari hasil visitasi yang telah dilakukan sebelumnya dan pengarahan terhadap peningkatan kualitas pelayanan LPTK untuk penyelenggaraan PPG tahun berikutnya.

 

Kegiatan diawali dengan laporan kegiatan yang disampaikan Koordinator Pokja Kebijakan, Regulasi, dan Penjaminan Mutu (KRPM), Sigit Wibowo. Kemudian dilanjutkan pembawaan Materi oleh Direktur Kelembagaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti), Dr. Lukman, S.T., M.Hum. Dalam kesempatan itu, ia  menyampaikan bahwa anggaran tahun 2024 akan difokuskan terhadap kampus-kampus swasta penyelenggara PPG sebagai stimulan untuk revitalisasi LPTK. Selain itu Lukman juga meminta semua program studi PPG di seluruh LPTK se-Indonesia harus sudah terakreditasi pada tahun 2024. Kegiatan dilanjutkan dengan sambutan Plt. Direktur Pendidikan Profesi Guru, Adhika Ganendra di malam hari. “Kegiatan Simposium ini sangat diperlukan sebagai langkah untuk mengukur hasil penjaminan mutu PPG yang sudah berjalan saat ini, Bu Dirjen lebih menekankan pada Rencana Tindak Lanjut (RTL) LPTK setelah Simposium ini terlaksana” Sambut Adhika Ganendra.  Kegiatan dilanjutkan dengan pembawaan materi oleh Sigit Wibowo tentang Hasil Visitasi yang sudah dilakukan.

 

Pada hari kedua, kegiatan dilaksanakan dengan penyampaian materi program PPG oleh tim kerja lingkup Direktorat PPG. Selanjutnya di isi dengan Pemaparan materi oleh Ivan Hanafi selaku perwakilan dari Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK) tentang akreditasi program studi PPG. Kemudian dilanjut materi dari Fathurrohim selaku tim pengolah data hasil visitasi dan martono dari subkoordinator penjaminan mutu pokja KRPM tentang laporan hasil visitasi PPG Prajabatan tahun 2023. Lalu laporan tersebut dibahas oleh Makbul Muksar dari tim pengembang PPG Prajabatan. Sesi dilanjutkan kembali dengan pemaparan oleh Fuad dan Sukmawati dari tim pengolah data hasil visitasi PPG Dalam Jabatan Tahun 2023. Lalu dilanjutkan pembahasan oleh Darwamang dari tim pengembang PPG Dalam Jabatan. Setelah itu sesi dilanjutkan oleh Mansur Fauzi selaku PTP Ahli Utama Direktorat PPG terkait materi Rencana Tindak Lanjut Hasil Visitasi tahun 2023. Kegiatan kemudian ditutup malam hari setelah Penyelesaian Rencana Tindak Lanjut setiap LPTK sebagai bahan laporan kepada Direktorat PPG.

 

Penulis : Bima Sakti
Editor: Shintia Ira Claudia/Anyes Sedayu Pramesti

signal_cellular_alt dilihat: 3,131 x