Bergerak memenuhi
guru profesional

Universitas Negeri Malang Selenggarakan Yudisium dan Sumpah Profesi Pada 1630 Lulusan PPG Prajabatan

Universitas Negeri Malang (UM) menggelar Yudisium Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan angkatan 2022 pada (28/12) di Graha Cakrawala. Acara puncak ini menandai keberhasilan dan prestasi mahasiswa dalam menyelesaikan program studi dengan sukses. Sambutan hangat dari Ketua Program Studi PPG UM, Dr. Muhammad Alfan, S.Pd., M.Pd. membuka acara dengan memberikan apresiasi tinggi kepada para mahasiswa yang telah menyelesaikan pendidikan. 

"Selamat atas prestasi yang Bapak/Ibu raih di perhelatan akbar yudisium. Semoga benar-benar menjadi guru profesional, panutan, dan teladan di sekolah masing-masing," paparnya.

Lebih lanjut, yudisium kali ini meluluskan 1630 guru dari 16 bidang studi meliputi Bahasa Indonesia, Biologi, Bimbingan dan Konseling, Ekonomi, Fisika, Geografi, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Kimia, Matematika, Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK), Pendidikan Luar Biasa (PLB), Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn), Sejarah, dan Sosiologi.

Direktur Sekolah Pascasarjana UM, Prof. Dr. Adi Atmoko, M.Si., M.Pd. turut memberikan motivasi kepada lulusan PPG. Dalam sambutannya, beliau mengingatkan para lulusan tentang tanggung jawab sebagai calon pendidik yang akan membawa perubahan positif dalam dunia pendidikan. "Bapak/Ibu sebagai pendidik tidak hanya melakukan transfer pengetahuan, tetapi juga pembentuk karakter baik peserta didik. Semoga ilmu telah didapat menjadi bekal untuk melangkah ke depan dengan sukses dan lancar," ujarnya.

Acara kembali dipenuhi nuansa kebanggaan dengan sambutan dari Rektor Universitas Negeri Malang, Prof. Dr. Hariyono, M.Pd. Prof. Hariyono memberikan ucapan selamat kepada seluruh lulusan dan mengapresiasi dedikasi dalam mengejar ilmu. "Yudisium adalah awal dari tanggung jawab besar sebagai agen perubahan dalam dunia pendidikan. Teruslah belajar dan berkembang, karena tugas guru tidak hanya mengajar di kelas atau bidang studi tertentu, tetapi menjadi guru bangsa dan guru peradaban dunia," tutur Prof. Hariyono.

Momen puncak Yudisium dimulai dengan pembagian sertifikat pendidik kepada para lulusan. Suasana haru dan kebahagiaan terpancar dari wajah-wajah mahasiswa yang telah menyelesaikan perjalanan pendidikan profesi guru. Kelulusan ini juga diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi peningkatan mutu pendidikan di Indonesia. Sefdella Afrianto, perwakilan peserta yudisium menyampaikan kebanggaan menjadi bagian dari UM. "Kami sangat berbangga menjadi lulusan PPG UM yang berkomitmen untuk memajukan pendidikan di Indonesia secara merata," ungkapnya.

Sebagai inspirasi bagi para lulusan, Prof. Dr. Hariyono menambahkan, "Semoga bekal sebagai guru profesional yang telah didapat di PPG UM menjadi pengalaman baik yang harapannya dapat dikembangkan di tempat Bapak/Ibu bertugas," pungkasnya.

Yudisium PPG Prajabatan UM tahun 2022 menggambarkan komitmen UM dalam mencetak calon guru yang siap menghadapi tantangan zaman. Selamat kepada para lulusan, semoga langkah awal ini menjadi cikal bakal keberhasilan dalam memberikan pengaruh positif di dunia pendidikan Indonesia.

Penulis: Tim Publikasi PPG Universitas Negeri Malang
Editor: Shintia Ira Claudia/Anyes Sedayu Pramesti

signal_cellular_alt dilihat: 2,737 x