Bergerak memenuhi
guru profesional

UNIVERISTAS NEGERI SURABAYA GELAR PROYEK KEPEMIMPINAN II BAGI MAHASISWA PPG PRAJABATAN GELOMBANG II

Gelar Karya Proyek Kepemimpinan II yang dilaksanakan oleh Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan Universitas Negeri Surabaya berlangsung pada tanggal 28-29 agustus 2023. Kegiatan ini menjadi puncak dari hasil produk yang mereka buat selama mata kuliah Proyek Kepemimpinan II bersama dengan Dosen Pembimbing Proyek. Setiap kelompok melakukan tiga fase dalam kegiatan LMS pada mata kuliah Proyek Kepemimpinan II, mulai Fase I (Revisi dan Konfirmasi Rencana) sebagai bentuk perbaikan, sekaligus melakukan perencanaan dalam persiapan eksekusi pada Produk atau Kegiatan yang mereka buat. Selanjutnya, Fase II (Atur dan Mulai Eksekusi Rencana). Di fase ini mereka melakukan eksekusi produk atau kegiatan yang mereka buat baik secara dalam jaringan, seperti Webinar dan luar jaringan, kegiatan literasi digital, membuat produk Usaha Kecil dan Menengah, dan lain-lain. Dan terakhir, adalah Fase III (Berbagi Praktek Baik dan Gelar Proyek Kepemimpinan). Fase terakhir ini adalah hasil dari produk tersebut, yang akan dipamerkan dalam Gelar Proyek Kepemimpinan dan dilaksanakan di Halaman Belakang Gedung LPSP Universitas Negeri Surabaya.

Menurut Ketua Pelaksana Gelar Proyek Kepemimpinan II Muhammad Bagus Tri Laksono, “Ini adalah salah satu bagian terpenting mata kuliah Proyek Kepemimpinan II, karena proyek ini merupakan puncak dari hasil produk yang ditampilkan selama proses mereka dalam proyek tersebut”, ujarnya. 

Acara tersebut dihadiri oleh Direktur LPSP Universitas Negeri Surabaya Dr. Martadi, M.Sn. dan Sekretaris Pusat PPG Universitas Negeri Surabaya Dr. Julianto, M.Pd.  Acara berlangsung meriah, dengan pemotongan pita dari Direktur LPSP Univeristas Negeri Surabaya, Dr. Martadi, M.Sn. Diramaikan pula dengan penampilan 21 kelas dari program studi yang berbeda. Gelar karya Proyek Kepemimpinan II ini mencapai 65 stan yang terdiri dari beberapa kelompok pada masing-masing kelas atau program studi. Kegiatan ini juga menjadi wadah yang baik bagi mahasiswa untuk mempromosikan hasil produk Usaha Kecil dan Menengah, untuk ditampilkan dalam acara karya Proyek Kepemimpinan II seperti Brotel (Brownis Wortel) untuk sektor makanan. Ada juga bidang sanitasi/kesehatan, yaitu pembuatan sabun dari Eco-Enzyme, dan lain-lain. Masing-masing stan juga ada kompetisi, mulai dari kategori Best Booth dan Best Decoration.

Direktur LPSP Universitas Negeri Surabaya, Dr. Martadi, M.Sn., mengutarakan, “Kegiatan ini menjadi kesempatan yang baik bagi mahasiswa PPG Prajabatan dalam mengembangkan leadershipnya bagi setiap kelompok dalam membuat produk bermutu dan berkualitas baik secara fisik maupun digital”. Acara yang dilaksanakan di pagi hari tersebut dikunjungi oleh pengunjung  umum dan beberapa Dosen Pembimbing Proyek untuk memberi penilaian terkait hasil produk di setiap stan. 

Penampilan dari beberapa kelas, diselingi penganugerahan kepada pemenang kegiatan Class Meeting, seperti Lomba Koneksi Antar Materi, Lomba Lempar LMS, Lomba Mulai dari Bakiak, dan Lomba Karung Nyata. Tiga diantaranya sukses diraih oleh Prodi PJOK A sebagai juara pertama, dan Prodi PLB terpilih sebagai The Best Supporter pada kegiatan Class Meeting ini. Di akhir acara Gelar Proyek Kepemimpinan II ini, diumumkan pemenang untuk The Best Booth yang diraih oleh Prodi PLB, The Best Performance oleh Prodi Biologi A, dan The Best Decoration yang dimenangkan oleh Prodi PGSD B.

signal_cellular_alt dilihat: 2,153 x