Bergerak memenuhi
guru profesional

UM Gelar Pameran Bhinneka Tunggal Ika Mahasiswa PPG Prajabatan

Program Studi (Prodi) Pendidikan Profesi Guru (PPG), Sekolah Pascasarjana (SPs), Universitas Negeri Malang (UM) menggelar pameran karya inovasi mahasiswa PPG Prajabatan Angkatan 2022 Gelombang 2 pada Jumat, 25 Agustus 2023. Pameran ini bertajuk Bhinneka Tunggal Ika dan mengusung tema "GERILYA MAHABA". Dr. Muhammad Alfan, S.Pd., M.Pd., Kepala Prodi PPG SPs UM menerangkan bahwa "Gerilya Mahaba merupakan akronim dari Gelar Inovasi Literasi Mahasiswa Bineka. Gerilya identik dengan perjuangan dan berkaitan dengan bulan kemerdekaan, sementara Mahaba bermakna penuh kasih. Jadi, secara keseluruhan dapat dimaknai sebagai perjuangan mahasiswa PPG untuk mencapai kemerdekaan berpikir untuk menyebarkan cinta dan kasih kepada peserta didik di sekolah, yang akan menjadi generasi muda penerus bangsa". Pameran ini berlangsung meriah di Gedung Graha Cakrawala UM, sejak pagi hingga sore hari.


Hadir secara langsung membuka kegiatan pameran secara resmi, Wakil Rektor IV UM Prof. Arif Nur Afandi,  S.T., M.T., MIA.Eng., Ph.D. Dalam sambutannya, beliau memberi apresiasi setinggi-tingginya kepada para mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang 2 Angkatan 2022. Beliau juga menyampaikan, "Karya-karya mahasiswa yang ditampilkan pada kegiatan pameran ini sangat beragam dan inovatif. Bahkan, banyak produk yang dipamerkan berpotensi untuk didaftarkan HKI dan Paten".  


Dalam pameran ini turut hadir perwakilan dari Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Provinsi Jawa Timur, Slamet Supriyadi, S.Kom., M.Ed. Beliau menyampaikan bahwa, "Produk inovasi yang dihasilkan oleh para mahasiswa PPG Prajabatan UM menunjukkan bahwa para mahasiswa di masa mendatang akan dapat menjadi guru-guru profesional yang berjaya". Selain dihadiri perwakilan BBGP, hadir pula dalam pameran ini, Bapak Syamsul Arifin, S.H., mewakili Dinas Pendidikan Kabupaten Malang.


Terdapat 30 stan pameran dari 15 bidang studi dari program PPG Prajabatan Gelombang 2 Angkatan 2022. Dr. Slamet Arifin, S.Pd., M.Pd., selaku ketua pelaksana kegiatan pameran ini menjelaskan bahwa, "Produk-produk yang dipamerkan oleh mahasiswa sangat bervariasi. Sebagai contoh ada buku Antologi Cerpen, Web Pembelajaran, WSK Project, Teen's Tale, Klinik Ekspor, Edukasi Minat dan Bakat (SIMBA), Cozy Project Kompos Organik Rumah Tangga, Petualangan Literasi, dan banyak lainnya".


Selain memamerkan karya-karya inovatif mahasiswa, pameran ini juga menampilkan berbagai pertunjukan seni dari para mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang 2 Angkatan 2022 UM. Diantaranya adalah penampilan Srikandi Bimbingan Konseling, Musik Akustik, Tari Nusantara, Drama Musikal Legenda Candi Prambanan, Drama Puisi dan Flashmob, Paduan Suara, Fomo Dance, Medley Tari Nusantara, Musikalisasi Puisi, Karaoke Senam, Nyanyian dan Isyarat, Tari Kreasi Modern Mix Tradisional, Kencana Wungu Kontemporer, Tari Pasangan dan Flashmob, dan Flashmob Aerobik. Penampilan dari para mahasiswa menambah marak dan meriahnya acara ini.

signal_cellular_alt dilihat: 2,667 x