Bergerak memenuhi
guru profesional

TINGKATKAN KUALITAS LULUSAN, MAHASISWA PPG UNIVERSITAS HAMZANWADI GELAR PROYEK KEPEMIMPINAN

Mahasiswa PPG Prajabatan Universitas Hamzanwadi terus berkreasi dan mengembangkan inovasi serta aktif di berbagai bidang. Kreasi dan inovasi tersebut dipamerkan dan dipresentasikan dalam kegiatan ‘Pameran Produk Projek Kepemimpinan II’ di Gedung Auditorium Siti Rauhun Zainuddin Abdul Madjid lantai 3 Rektorat Universitas Hamzanwadi pada hari Rabu, 16 Agustus 2023.

Pameran memamerkan berbagai karya mahasiswa seluruh Program Studi (Prodi) PPG Prajabatan Tahun 2022 Gelombang 2 di Universitas Hamzanwadi, diantaranya: program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sosiologi, Ekonomi, Fisika, dan Matematika. Produk dengan berbagai konsep seperti media pembelajaran, inovasi pembelajaran, produksi bahan ajar, media berbasis ICT, dan Generasi berencana yang akan dipamerkan oleh dua belas kelompok dan akan dipresentasikan  dalam program proyek kepemimpinan ini.

Dr. Abdullah Muzakar, M.Si., selaku Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Hamzanwadi, dalam sambutan pada pameran tersebut mengatakan bahwa tujuan kegiatan ini adalah agar seluruh mahasiswa PPG dapat menampilkan kontribusi yang telah  dilakukan melalui kegiatan kepemimpinan. Pada Proyek Kepemimpinan ini, selain output untuk mengembangkan keterampilan kepemimpinan mahasiswa melalui kegiatan service learning yang berbasis komunitas, mahasiswa diharapkan dapat berkontribusi dalam memecahkan masalah yang ada di masyarakat.

Selain itu, Muzakkar menyampaikan bahwa program yang dikembangkan dalam program Proyek Kepemimpinan tidak terbatas pada tagihan mata kuliah saja. Harapannya,   semua peserta PPG Prajabatan   dapat lebih berinovasi dalam konsep yang dikembangkan untuk tujuan studi dan mengembangkan lebih lanjut untuk aktivitas lainnya.

Koordinator PPG Universitas Hamzanwadi, Dr. Muhammad Khairul Wazni, M.Pd., percaya melalui program ini para guru masa depan akan memperoleh dan mengembangkan kompetensi dan keterampilan yang komprehensif, yang tidak terbatas pada pendidikan dan pengajaran, tetapi lebih memungkinkan mereka untuk menjadi agen perubahan dengan memecahkan masalah sekolah maupun di lingkungan masyarakat.

Universitas Hamzanwadi berkolaborasi dengan sekolah dan pemerintah desa/kelurahan di provinsi Nusa Tenggara Barat. Wazni juga menyampaikan bahwa program Projek Kepemimpinan merupakan upaya agar mahasiswa dapat membuat program sendiri sesuai kemampuan dan jiwa kepemimpinannya. Sementara itu, Kepala Bidang Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan NTB, L. M. Khidir, M.Pd. memberikan apresiasi terhadap kegiatan Pameran Proyek Kepemimpinan yang dilaksanakan. Khidir mengatakan, program inovasi pembelajaran yang dikembangkan guru harus selalu selaras dengan kebutuhan akan inovasi. Selain itu, hasil produk PPG yang dikembangkan memiliki prospek yang cerah/baik untuk dipraktekkan ketika sudah terjun ke dalam pengajaran di sekolah.

Penciptaan karya-karya ini didasarkan pada berbagai alasan. Seperti halnya dengan tema Apotek Hidup, Wisata Literasi Tunas Bangsa, Ecopreneur, Desa Wisata Bahasa Inggris, Gerakan Baca dan Literasi Gemilang, Ink & Imagination, serta sejumlah karya pameran lainnya yang dikembangkan dan diinovasi oleh mahasiswa PPG Prajabatan Universitas Hamzanwadi. Semoga karya-karya ini terus dipromosikan dan membawa manfaat bagi masyarakat, dan mahasiswa juga didorong untuk berinovasi lebih lanjut untuk mendukung kegiatan belajar mengajar dan keperluan lainnya.


signal_cellular_alt dilihat: 2,840 x