Bergerak memenuhi
guru profesional

Rekrutmen dan Penyegaran Dosen, Guru Pamong, dan Fasilitator IT Program Pendidikan Profesi Guru Prajabatan (PPG Prajab) Kategori 1 Tahun 2023

REKRUTMEN DAN PENYEGARAN DOSEN, GURU PAMONG, DAN FASILITATOR IT PROGRAM PENDIDIKAN PROFESI GURU PRAJABATAN (PPG PRAJAB) KATEGORI 1 TAHUN 2023


Pengelola Pendidikan Profesi Guru (PPG) Universitas Negeri Surabaya pada tanggal 7 September 2023 mengadakan Rekrutmen dan Penyegaran Dosen, Guru Pamong, dan Fasilitator IT pada program PPG Prajabatan 2023. Acara ini merupakan persyaratan yang dirumuskan oleh Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbudristek bahwa  dosen dan guru pamong (baru maupun yang sudah aktif mengajar sebelumnya) dalam mengajar kelas PPG Prajabatan 2023 harus mengikuti proses rekruitmen dan penyegaran yang dilaksanakan LPTK penyelenggara PPG. Acara diadakan secara daring menggunakan platform zoom meeting dan dihadiri kurang lebih 300 peserta. 

Acara dibuka oleh Sekretaris Lembaga Pendidikan dan Sertifikasi Profesi (LPSP), Ibu Farida Nurhayati S.Pd., M.Pd., mewakili Direktur LPSP. Setelah pembukaan, Kepala Pusat (Kapus) PPG, Drs. Fatkhur Kafrawi, M.Pd. memberi pengarahan terkait pelaksanaan secara umum program PPG Prajabatan 2023. Beliau menyampaikan bahwa Unesa sebagai lembaga penyelenggara PPG dipercaya oleh Direktorat GTK Kemendikbudristek untuk mendapat kuota PPG Prajabatan 2023 sebanyak 1242 mahasiswa, dengan 48 kelas dan 18 Program Studi yang terlibat. Selain itu, Kapus PPG Unesa berpesan agar dosen, guru pamong, dan fasilitator IT untuk memberi layanan prima kepada mahasiswa PPG Prajabatan 2023, sehingga mahasiswa yang menjadi customer PPG Unesa mendapat kepuasan selama menjadi peserta PPG. Beliau juga sampaikan adanya perubahan desain pembelajaran PPG Prajabatan 2022 dengan PPG Prajabatan 2023, salah satunya pada mata kuliah PPL dan Proyek Kepemimpinan. 

 Setelah pengarahan Kapus PPG Unesa, acara dilanjutkan dengan materi:

  1. Orientasi Pembelajaran PPG Prajabatan Tahun 2023, oleh Dr. Julianto, S.Pd., M.Pd.

  2. Orientasi PPL, Seminar PPG, dan Projek Kepemimpinan PPG Prajabatan Tahun 2023, oleh Muhammad Reza, S.Psi., M.Si.

  3. Pengembangan Pembelajaran PPG Prajabatan Tahun 2023, oleh Dr. Harmanto, S.Pd., M.Pd.

  4. Simulasi Alur Merdeka dalam Pembelajaran PPG Prajabatan Tahun 2023, oleh Dhani Kristiandri, S.Pd., M.Sn.

  5. LMS PPG Prajabatan Tahun 2023 (canvas), oleh Agoes Primono Sardjono.


Setelah materi disampaikan oleh TIM PPG Unesa, peserta  mempraktikkan LMS dengan akun dummy yang disediakan GTK Kemendikbudristek. Setelah itu, panitia penyelenggara memberi waktu mulai pukul 17.00 WIB sampai pukul 21.00 WIB untuk peserta mengisi evaluasi sebagai tindak lanjut acara Rekruitmen dan Penyegaran Dosen, Guru Pamong, dan fasilitator IT PPG Prajabatan 2023. 

Diharapkan acara Rekrutmen dan Penyegaran  Dosen, Guru Pamong, dan Fasilitator IT Program PPG Prajabatan 2023 akan menambah kualitas pembelajaran dan layanan yang diberikan penyelenggara PPG Unesa kepada peserta, yang pada akhirnya menghasilkan output mahasiswa PPG Prajabatan 2023 sebagai guru yang berkualitas. 


signal_cellular_alt dilihat: 9,194 x