Bergerak memenuhi
guru profesional

Audiensi Direktorat Pendidikan Profesi Guru Bersama Aliansi Mahasiswa PPG Prajabatan Universitas Pendidikan Indonesia

Jakarta - Direktorat Pendidikan Profesi Guru menerima audiensi aliansi mahasiswa PPG Prajabatan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) pada 8 September 2023 di Jakarta. Kedatangan enam orang mahasiswa tersebut untuk mendapatkan informasi terkait arah kebijakan lulusan PPG Prajabatan.

"Kunjungan kami memiliki tujuan selain silaturahmi juga berdiskusi terkait pasca kelulusan Program PPG Prajabatan Gelombang 1 Tahun 2022, bagaimana kelanjutan dan kejelasan program ini," kata Fikri selaku ketua aliansi.

Menanggapi hal tersebut, Ferry Maulana Putra selaku Kapokja PPG Prajabatan Direktorat PPG menjawab berbagai pertanyaan mahasiswa dengan menjelaskan mekanisme penyerapan lulusan mahasiswa PPG Prajabatan untuk menjadi ASN PPPK. Kapokja PPG Prajabatan tersebut juga memaparkan berbagai data lulusan, data kebutuhan guru, data formasi ASN dan sebagainya. Hal itu dipaparkan untuk menjelaskan bahwa Direktorat PPG semaksimal mungkin mengupayakan agar lulusan PPG Prajabatan terserap dan mengisi formasi kekosongan ASN PPPK tahun ini.

"Kami berusaha betul, kami berkoordinasi dengan Kemenpan RB, dengan pemerintah daerah, dan berbagai pemangku kebijakan. Hal ini tentu tidak mudah, tapi tetap kita lakukan, karena kita sangat tahu betul bahwa lulusan PPG Prajabatan adalah calon guru-guru baru profesional. Untuk itu kami mengusahakan penuh, kemudian tugas mahasiswa adalah fokus mengikuti proses perkuliahan dengan sebaik-baiknya. Khusus bagi yg telah mengikuti UKPPG, mempersiapkan diri untuk mendaftar ASN PPPK nanti dan selalu update dengan perkembangan seputar PPG Prajabatan bersama LPTK," jelas kapokja PPG Prajabatan.

signal_cellular_alt dilihat: 2,618 x