Bergerak memenuhi
guru profesional

Ratusan Mahasiswa PPG FKIP UMM Ikuti Kursus Pembina Pramuka

Profesionalisme guru menjadi hal mutlak dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia. Karena itu, berbagai upaya dilakukan sebagai upaya mengembangkan profesionalisme guru ini. Salah satu upaya yang ditempuh Prodi Pendidikan Profesi Guru (PPG) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) adalah melalui kegiatan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) dan Lanjut (KML).

Pembukaan kegiatan kepramukaan digelar secara daring pada Sabtu, (05/08/2023), lalu. Kegiatan yang rencananya akan dilaksanakan hingga 10 Agustus 2023 mendatang ini diikuti 175 peserta KMD dan 210 peserta KML dari berbagai daerah yang juga merupakan mahasiswa Program Profesi Guru (PPG) Prajabatan Angkatan I Tahun Ajaran 2022/2023 Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Dalam laporannya, Kaprodi Pendidikan Profesi Guru, Dr. Iin Hindun, M.Kes. menjelaskan bahwa ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan Pembina Pramuka dalam membina peserta didik. "Kegiatan KMD dan KML ini diharapkan dapat mengembangkan kompetensi kepribadian dan sosial guna melengkapi kompetensi lainnya yaitu kompetensi pedagogik dan profesional yang diharapkan dari lulusan PPG," terang Iin.

Dalam kegiatan apel pembuka Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) dan Lanjut (KML), Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UMM, Dr. Trisakti Handayani, M.M., menegaskan, guru memiliki peran penting untuk mencetak generasi masa depan yang unggul. Maka dari itu, kualitas guru harus diperhatikan dan senantiasa ditingkatkan. Sehingga anak-anak didik didampingi dan mampu meraih potensi terbaik yang dimiliki.

"Saudara adalah calon guru-guru profesional yang diharapkan mampu melahirkan generasi yang apik dan cakap. Selain bekal keilmuan, saudara juga harus memiliki kepribadian yang tangguh dan pantang menyerah. Maka, kursus pembina pramuka ini menjadi wadah yang tepat untuk mengembangkan skill-skill terkait," tambahnya.

Menurutnya, kegiatan semacam ini dapat mendorong mahasiswa PPG menjadi pribadi yang tekun, rela berkorban, suka menolong sesama, dan teladan bagi orang lain. Semua itu akan bermuara pada meningkatnya kualitas pendidik dan berkontribusi pada upaya menjadikan Indonesia jaya.

"Dalam program ini, Saudara akan dibentuk agar bisa menghadapi tantangan global. Melalui KMD dan KML ini, upaya pembentukan karakter akan berhasil. Semoga saudara bisa memanfaatkan kesempatan ini dengan baik," tutur Trisakti.

Karena itu, dalam kegiatan ini, para peserta tidak hanya diberi materi, namun juga diajari bagaimana menjadi pembina yang kompeten. Ada berbagai permainan dan agenda yang melatih mental mereka. Salah satu peserta, Nurul Himmatul menilai, serangkaian program yang diikuti sangat seru. Kemasan yang disajikan oleh PPG UMM juga menarik dan membuat mereka bersemangat untuk turut serta. 


signal_cellular_alt dilihat: 503 x