Bergerak memenuhi
guru profesional

PPG Prajab FKIP Unila Gelar Diklat Bela Negara

Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Lampung (Unila) melaksanakan Diklat Bela Negara PPG Prajabatan Gelombang 1 Tahun 2022 /2023 pada sabtu-minggu (03-04/06).

Kegiatan ini dilaksanakan di Wira Garden, Batu Putu, kota Bandar Lampung. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Dekan FKIP Unila Prof. Dr. Sunyono, M.Si. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Kasubbag Akademik FKIP Amarulloh M.Kom.,M.Pd., Ketua Program Studi PPG Dr.Caswita.,M.Si., Sekretaris Program Studi PPG Rian Andri Prasetya,M.Pd., koordinator bidang studi, tim pengelola program studi PPG. Diklat ini diikuti mahasiswa PPG Pra Jabatan gelombang 1 Sebanyak 255 orang.

Diklat Bela Negara merupakan Diklat yang diberikan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan Bela Negara serta melatih Warga Negara Indonesia yang bekerja sebagai pegawai  dengan sikap  perilaku yang berkepribadian  Pancasila dengan semangat Nasionalisme dan Patriotisme yang tinggi. Diklat Bela Negara tersebut dibina oleh Serma Wisnu Triyana dan Serka Anjas Teguh P. Peserta Diklat Bela Negara akan mendapatkan pengetahuan Peraturan Baris Berbaris, Survival Dasar, Wawasan Kebangsaan, Mencegah Paham Radikalisme (Terorisme), Sistem Pertahanan Semesta, Kepemimpinan, pelatiahan Upacara pengibaran Bendera.

Dr. Caswita, M.Si., dalam laporannya menyampaikan, ada 255 mahasiswa yang mengikuti diklat bela negara ini. Kegiatan dilatih dari Komando Resor Militer 043 Lampung. Diklat ini untun menambahkan wawasan kebangsaan dan bela negara bagi mahasiswa PPG karena sebagai calon guru yang akan mengabdikan diri kepada bangsa dan negara harus memiliki wawasan kebangsaan dan rasa cinta tanah air, selain  itu dalam kegiatan ini juga melatih disiplin dan menumbuhkan jiwa korsa.

Selanjutnya, Prof. Dr. Sunyono, M.Si. menyampaikan sambutannya, ia menyampaikan bahwa mengucapkan selamat belajar kepada para peserta PPG Prajabatan yang mengikuti Bela Negara. Kami berharap agar para peserta mengikuti pelatihan bela negera dengan sungguh-sungguh. Jadikan momentum pendidikan bela negara ini untuk merevitalisasi semangat kebersamaan, mempunyai disiplin yang tinggi, loyalitas terhadap pekerjaan, bertanggung jawab dengan apa yang kita kerjakan, dan memupuk jiwa patriotisme yang tinggi, dan yang tidak kalah pentingnya melalui sistem pendidikan nasional yang baik perlu diteguhkan kembali komitmen kepada seluruh peserta pembekalan bela negara untuk selalu mempertahankan empat pilar yang menjadi konsensus dasar bangsa indonesia dalam berbangsa dan bernegara yakni: Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika.

Lalu, Serma Wisnu Trinaya menyampaikan bahwa peserta yang mengikuti diklat Bela Negara ini dari beberapa kelompok bidang studi PPG bisa mengikuti dengan baik selamat satu hari penuh. Kegiatan yang dilaksanakan secara singkat yaitu satu hari penuh maka mahasiswa dapat mengambil pembelajaran terkait bela negara dan diimplementasikan saat terjun ke dunia sekolah.

Selain itu, diklat ini diharapkan memberikan dampak positif bagi peserta dalam kehidupannya sehari-hari maupun menjadi guru khususnya kedisiplinan dan cinta tanah air. (Humas PPG FKIP Unila)

signal_cellular_alt dilihat: 1,941 x