Bergerak memenuhi
guru profesional

Plt. Direktur PPG Terima Audiensi Mahasiswa PPG Prajabatan dari Universitas Pendidikan Indonesia dan Universitas Galuh

Selepas acara Forum Diskusi Peningkatan Kualitas Pendidikan Dasar (FOKUS) yang diselenggarakan Tanoto Foundation pada Rabu, 6 Desember 2023, Plt. Direktur PPG menerima audiensi dari mahasiswa PPG Prajabatan dari Universitas Pendidikan Indonesia dan Universitas Galuh (Yogga dan Nurul Fajriah) .

Dalam audiensi tersebut, Plt. Direktur PPG, Adhika Ganendra menjelaskan bahwa lulusan PPG Prajabatan akan mendapatkan afirmasi teknis 100% pada seleksi ASN PPPK. “Semua lulusan PPG Prajabatan sudah dipastikan mendapatkan afirmasi,” jelasnya.

Selain itu, pihaknya juga berharap lulusan PPG Prajabatan dapat mengambil formasi di daerah-daerah yang jumlah kebutuhan gurunya cukup besar. Karena di daerah-daerah dengan kebutuhan guru yang besar tersebut, kesempatan diterima menjadi ASN PPPK juga besar. Sehingga cita-cita kita bersama untuk pemerataan pendidikan dan pemenuhan guru profesional itu dapat tercapai. 

“Salah satu Pemda yaitu Maluku yang masih kekurangan guru, melakukan audiensi ke Kemendikbudristek untuk menyampaikan jumlah pelamar formasi yang sangat minim, padahal kebutuhan gurunya banyak. Maka, disarankan agar lulusan PPG Prajabatan juga mendaftar ke sekolah yang masih kekurangan guru agar menghindari persaingan sesama guru yang telah berserdik termasuk sesama lulusan PPG Prajabatan,” pungkasnya.


Pada diskusi tersebut, Plt. Direktur PPG juga menambahkan bahwa lulusan PPG Prajabatan yang tidak lolos dalam mengikuti seleksi ASN PPPK di tahun ini dapat mendaftar kembali di tahun depan. 

Penulis: Shintia Ira Claudia Editor: Anyes Sedayu Pramesti


signal_cellular_alt dilihat: 2,390 x