Bergerak memenuhi
guru profesional

FKIP UM Palembang Gelar Orientasi Mahasiswa PPG Daljab Angkatan 2 Tahun 2023: 150 Peserta dari 4 Prodi Konsen Memacu Peningkatan Kompetensi

PALEMBANG – Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)  Universitas Muhammadiyah  Palembang (UM Palembang) terus bergerak dinamis. Salah satunya sebagai LPTK di tanah air pihaknya  menggelar Orientasi Mahasiswa PPG Daljab Angkatan 2 Tahun 2023 di Hotel Beston Palembang, Senin (18/9/2023). Sebanyak 150 peserta dari empat  Program Studi yakni Matematika, Biologi, Bahasa Indoensia dan Bahasa Inggris ikut dalam kegiatan tersebut.

Hadir pada kesempatan tersebut Rektor UM Palembang yang diwakili Wakil Rektor I, Prof.Dr. Indawan,  MPd, Dekan FKIP, Dr. H Rusdi A Siroj, MPd, Wakil Dekan I Dr. Saleh Hidayat, Wakil Dekan II  Dr. Yetty Hastiana, MPd, Wakil Dekan III Repson, WD 4 Amrullah, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan diwakili Kabid Pendidik dan Tenaga Kependikan (PTK) Eka Diani Hartini, MSi, para dosen, guru pamong serta para mahassiwa  PPG  Daljab Angkatan II  tahun 2023, serta peserta lain  melalui zoommeeting  yang terdiri atas alumni dari tahun 2021.

Acara yang dipandu oleh Hendra, SPd, MSi dimulai dengan pembukaan, pembacaan ayat suci alQuran oleh Abdul Kadir, SIkom, menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Mentari Sang Suci. Lalu dilanjutkan laporan Koordinator PPG  Dr. Saleh Hidayat.

Diawali dengan pantun sebagai upaya mencairkan suasana Saleh Hidayat mengemukakan, mahasiswa PPG Daljab angkatan 2 tahun 2023 secara nasional berdasarkan surat Dirjen GTK  nomor

1867/b2/GT.00.08/2023 tanggal 14 september 2023, jumlah mahasiswa PPG Daljab angkatan 2 tahun 2023 sebanyak 48.288 orang yang berasal dari 127 LPTK   pembiayaan APBN  LPDP sebanyak 45.654 orang dan dari 5 LPTK besar dengan pembiayaan APBD sebanyak 2.634 orang. Kategori 1 sebanyak 41.589 orang, lulusan PGP sebanyak 4.050 orang, belum lulus UTN PLPG sebanyak 15 orang. Kemudian pada 18/09/2023  dilaksanakan orientasi mahasiswa PPG Daljab angkatan 2 tahun 2023 secara nasional.  Berdasarkan surat Dirjen GTK no. 1867/b2/gt.00.08/2023 tanggal 14 September 2023. Jumlah mahasiswa PPG Daljab angkatan 2 tahun 2023 dari 5 LPTK  besar seperti; Unmul, UNJ, Universitas Negeri Surabaya (unesa), UNY,  dan UNS  dengan pembiayaan APBD sebanyak 2.634 orang. Kemudian 18/09/2023 Orientasi Mahasiswa PPG 18 Juli 2022 mahasiswa PPG Daljab angkatan 2 tahun 2023 berjumlah 150 orang yang terdiri atas  bidang studi Bahasa Indonesia 30 orang,  Bidang Studi Bahasa Inggris 30 orang, Bidang Studi Matematika 30 orang, Bidang Studi Biologi 60 orang (2 rombel).

Menjelaskan mengenai sebaran asal kabupaten/kota dan provinsi  mahasiswa PPG Daljab angkatan 2 tahun 2023, Saleh menambahkan, mereka berasal  dari Bengkulu Selatan 4, Lampung Barat 1, Musi Banyuasin 2, Bengkulu Tengah 2. Lampung Utara 2. Ogan Ilir 15, Kaur 3. Tulang Bawang Barat 1. Ogan Komering Ilir 7, Kepahiang 1, Way Kanan 3, Ogan Komering Ulu 1, Kota Bengkulu 6, Indragiri Hilir 2, Ogan Komering Ulu Selatan 4, Lebong 1, Indragiri Hulu 1, Penukal Abab Lematang Ilir 3,  Muko-Muko 4, Banyuasin 16 dan Seluma 2. Sedangkan data secara nasional berdasarkan surat Dirjen GTK jumlah mahasiswa  PPG 48ribu lebih.

Usai laporan oleh Saleh Hidayat dilanjutkan dengan sambutan Dekan FKIP UM Palembang Dr. H Rusdy A Sirodj, MPd. Rusdy mengemukakan, dengan adanya Kurikulum Merdeka menjadi amanah nasional,  mungkin ada guru yang sudah familiar dengan Kurikum Merdeka tapi ada juga yang  masih belum familiar  moga dengan mengikuti kegiatan PPG mereka akan mendapatkan pengetahuan dan keterampilan tentang hal itu.

Di samping itu Rusdy juga mengemukakan, pada kegiatan itu tampaknya pihaknya  harus mngundang Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel karena baru  mulai tahun 2021  FKIP UM Palembang  baru mendapatkan  kuota PPG.

“Kami sangat membutuhkan bantuan dari sekolah mitra. Sangat membutuhkan keterlibatan guru pamong di sekolah. Jadi perlu kulonuwun dengan dinas pendidikn. Sebagai payung kerjasama sudah  dibuat untuk sekolah-sekolah di bawah pmbinaan dinas pendidikn kota dan provinsi,” ujarnya.

Melakukan MOU langsung dengan sekolah mitra ada hambatan,  kami mengajak sekolah sebagai  guru mitra dan pamong. Kalau dari pihak sekolah tak ada yang menolak tapi saat pelaksanaan ada guru yang menolak dengan halus karena kesibukan di skolah. Terutama untuk yang prajab yang dalam jabatan langsung di sekolah.

Rusdy juga mengucapkan terimakasih kepada para dosen dan guru pamong yang aktif dalam kgiatan PPG ini. Semoga bapak ibu dapat membimbing dan menularkan ilmu kepada para peserta PPG ini yang perlu pembekalan lebih jauh. Terimakasih juga  kepada Rektor yg saat ini diwakili WR 1 yg sangat mendukung kegiatan ini sehingga berjalan lancar.

etika nanti sudah menyelesaikan studi di PPG mereka berarti  menjadi alumni UM Palembang. Berdasarkan data tahun 2021 ada 3 angkatan sebanyak 185 mahasiswa, semua 100 persen sudah lulus. Angkatan 2022 ada 3 gelombang sebanyak  416 mahasiswa PPG semuanya lulus. Tahun 2023 angkatan 1 prodi Bahasa Inggris saat ini mununggu kelulusan.

Usai itu,  Kadisdik melalui Kabid PTK Kadisdik Hj. Eka Diani Hartini, MSi memberikan sambutan, dia menyatakan permohonan maaf  karena Kadistik Provinsi Sumsel  Drs.Sutoko berhalangan hadir.  Dia mengharapkan semua  peserta mengikuti kegiatan hingga selesai. Terkait masa orientasi juga diharapkan peserta  dapat mengikuti kegiatan ini sesuai aturan. Berkaitan kesulitan izin atau tak diizinkan kepsek bagi guru pamong dan peserta pihaknya akan mengkoordinasikan masalah it uke kepala sekolah masing-masing.

Kemudian dilanjutkan dengan sambutan Rektor UMP diwakili WR I Prof. Dr. Indawan. Indawan mengemukakan, PPG ajang silaturahmi yang mahal dan mewah bagi peserta dan dosen. Akan tetapi memberikan makna ganda, dosen tanpa pengalaman praktis di lapangan seperti menara gading. Sedangkan peserta membutuhkan pengayaan teori untuk menambah kompetensi mereka.

“Ajang ini kita apresiasi dan siasati secara positif.  Namun karena suara PPG ini masih sayup sayup di masyarakat maka kita suarakan melalui media ke Masyarakat,” ujarnya.

Indawan juga menampaikan terimakasih atas dukungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sumsel yang ikut bertanggung jawab dalam membantu LPTK. Sedangkan masih adanya hambatan ketika berkolaborasi dengan sekolah akan selalu dicarikan solusinya. Atas nama Rektor UM Palembang dia menyambut baik kegiatan dan akan mengaktifkan dosen dan guru pamong agar peserta dapat terlayani dengan baik. Termasuk mengerahkan suporting sistem dengan maksimal, ujarnya sembari membuka acara secara resmi.

Penulis: Tim Publikasi Universitas Muhammadiyah Palembang Editor: Shintia Ira Claudia/Anyes Sedayu P

signal_cellular_alt dilihat: 14,216 x