Bergerak memenuhi
guru profesional

Penggunaan Buku Tamu Digital Sebagai Inovasi dalam Upaya Reformasi Birokrasi

Digitalisasi tata kelola pemerintahan menjadi langkah nyata reformasi birokrasi dalam mewujudkan pemerintahan yang adaptif terhadap perkembangan dan kebutuhan stakeholdernya.

Untuk mendukung hal tersebut dalam upaya mempercepat tercapainya tata kelola pemerintahan yang baik (good governance) di seluruh Kementerian/ Lembaga/ Pemerintah Daerah. Direktorat PPG melakukan inovasi dengan penggunaan buku tamu digital bagi tamu yang berkunjung.

Buku Tamu Digital ini diberlakukan sejak 11 Juli 2022. Berisi data pengunjung, keperluan kunjungan dan nama pokja atau pegawai yang dituju. Cara pemakaiaannya pun mudah. Pengunjung dapat memindai barcode yang tersedia di resepsionis kemudian mengisi buku tamu melalui ponsel pintar mereka. Kemudian akan muncul status pengunjung dalam 3 kategori, yakni antrian, proses atau selesai.

Temu Ismail selaku Direktur Pendidikan Profesi Guru mengatakan, Dengan adaptasi pelayanan publik ke bentuk digital maka proses dan tata kelola pemerintahan menjadi lebih efektif dalam mencapai good governance untuk mewujudkan pelayanan publik yang berkualitas. 

“Dengan digitalisasi, pelayanan publik menjadi efektif karena pengguna layanan mendapatkan kemudahan pelayanan dengan prosedur yang singkat, cepat, dan tepat,” ujarnya.

signal_cellular_alt dilihat: 645 x