Bergerak memenuhi
guru profesional

Direktorat PPG Gelar Bimbingan Teknis Wawasan Kebinekaan Global

Salah satu dari karakter Profil Pelajar Pancasila adalah Berkebinekaan Global, artinya pelajar pancasila harus memiliki perasaan menghormati keberagaman atau toleransi terhadap perbedaan tidak hanya di level Indonesia tetapi juga di tingkat dunia.

Dengan kebinekaan global, pelajar pancasila diharapkan bisa menerima perbedaan, tanpa rasa judgement, tanpa menghakimi, dan tidak merasa dirinya atau kelompoknya lebih baik dari kelompok lain.

Untuk menanamkan karakter Kebinekaan Global, Direktorat PPG menggelar kegiatan Bimbingan Teknis Wawasan Kebinekaan Global pada 11 Juli 2022.  Kegiatan yang diselenggarakan di Jakarta ini dihadiri oleh Prof. Nunuk Suryani (Sesditjen GTK), Temu Ismail (Direktur Pendidikan Profesi Guru), dan perwakilan para dosen dari 78 LPTK. 

Kegiatan ini diawali dengan arahan dari Prof. Nunuk dan dilanjut dengan Pre-Test untuk para peserta. Kemudian Penjelasan
Tujuan, Alur, dan Strategi Pembelajaran, Teknik Fasilitasi Topik,  Micro Teaching/Praktikum dan ditutup dengan evaluasi. Temu berharap kegiatan ini dapat berdampak terhadap 160 dosen yang merupakan perwakilan dari 78 LPTK.

“Dengan kegiatan ini diharapkan para dosen dapat menyampaikan ke mahasiswa Pendidikan Profesi Guru di masing-masing LPTK, yang nantinya menjadi guru-guru yang dapat meneladani filosofi Ki Hajar Dewantara yaitu Tut Wuri Handayani. Selain itu dapat membawa praktik-praktik baiknya di kelas-kelas kepada para siswa di sekolah. Kebinekaan Global adalah toleransi terhadap perbedaan dan berproses untuk menjadi siswa yang saling membantu, beradab, santun, dan cerdas,” ucap Temu Ismail pada 11 Juli 2022.

(Shintia, 14 Juli 2022)

signal_cellular_alt dilihat: 413 x