Bergerak memenuhi
guru profesional

Pelaksanaan PPL 2 Mahasiswa Prajabatan Gelombang 2 Tahun 2023 di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur

Kuala Lumpur, 1 September 2024 - Universitas Negeri Surabaya (Unesa) melalui Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) kembali mengirim mahasiswa Prajabatan Gelombang 2 tahun 2023 untuk melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL). Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya penguatan kompetensi calon guru dengan pengalaman langsung di lapangan. Selain melaksanakan praktik mengajar, mahasiswa PPL juga berkesempatan melakukan penelitian kolaboratif bersama para guru di SIKL.

Rombongan mahasiswa berangkat dari Surabaya pada tanggal 1 September 2024, ditemani Muhammad Reza, S.Psi., M.Si, selaku perwakilan dari tim kerja sama Badan Pendidikan Profesi Guru (BPPG) Unesa. Setiba di Kuala Lumpur, para mahasiswa diterima dengan hangat oleh Kepala SIKL. Dalam acara penyerahan mahasiswa, Kepala SIKL menyampaikan bahwa kesempatan ini tidak hanya memberi manfaat bagi mahasiswa, tetapi juga bagi pihak sekolah. "Kolaborasi antara mahasiswa dan guru di SIKL diharapkan dapat menghasilkan inovasi pembelajaran dan meningkatkan kualitas pendidikan di lingkungan sekolah kami." ujar beliau.

Selain melaksanakan PPL, BPPG Unesa juga mendapat kepercayaan dari Prof. Dr. Muhammad Firdaus, S.P., M.Si. sebagai Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Malaysia  untuk melakukan pemetaan kompetensi guru di sekolah-sekolah Indonesia yang berada di bawah kewenangan Atdikbud KBRI Malaysia. Pemetaan ini mencakup empat kompetensi guru, yaitu pedagogik, profesional, sosial, dan kepribadian, di tiga sekolah Indonesia luar negeri, yaitu Sekolah Indonesia Kuala Lumpur, Sekolah Indonesia Johor Bahru, dan Sekolah Indonesia Kinabalu.

Kepercayaan yang diberikan oleh Atdikbud KBRI Malaysia kepada Unesa ini menjadi langkah penting meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah-sekolah Indonesia luar negeri. Dengan adanya pemetaan kompetensi, diharapkan guru-guru di sekolah Indonesia di Malaysia dapat terus mengembangkan diri dan meningkatkan kualitas pengajaran mereka.

Melalui program PPL dan pemetaan kompetensi guru ini, Unesa terus menunjukkan komitmen mendukung pengembangan pendidikan tidak hanya di Indonesia, tetapi juga di komunitas pendidikan Indonesia di luar negeri. Kegiatan ini diharapkan dapat memberi dampak positif bagi mahasiswa, guru, dan siswa di sekolah Indonesia di luar negeri.

 

signal_cellular_alt dilihat: 315 x