Bergerak memenuhi
guru profesional

Mahasiswa PPG Universitas Hamzanwadi Gelar Pameran Proyek Kepemimpinan


 

Mahasiswa PPG Prajabatan Hamzanwadi terus melahirkan inovasi dan karya di berbagai bidang. Hasil kreasi dan inovasi di antaranya dipajang dalam “Pameran Produk Proyek Kepemimpinan'’di Auditorium Siti Rauhun Zainuddin Abdul Madjid Lantai 3 Gedung Rektorat Universitas Hamzanwadi pada hari Jumat, 23 Juni 2023

Pameran ini menampilkan berbagai karya mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang 1 seluruh program studi (prodi) yang ada di PPG. Diantaranya Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Ekonomi,  Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Sosiologi, dan Pendidikan Fisika. Berbagai produk yang dipamerkan antara lain Media Pembelajaran, Inovasi Pembelajaran, Pembuatan Bahan ajar, Media berbasis ICT, Generasi berencana dan berbagai konsep lainnya. Terdapat 14 kelompok yang mempresentasikan hasil karya dalam program proyek kepemimpinan ini.

Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Hamzanwadi, Dr. Abdullah Muzakar, M.Si dalam sambutan pada acara pembukaan pameran ini menyampaikan, tujuan dari kegiatan ini selain sebagai luaran mata kuliah Proyek Kepemimpinan, tujuan lainnya adalah untuk mengembangkan kemampuan kepemimpianan mahasiswa melalui kegiatan service learning atau pembelajaran berbasis pelayanan komunitas. Melalui program ini, mahasiswa diharapkan dapat berkotribusi dalam memecahkan permasalahan yang ada di masyarakat. Pelaksanaan program ini, selain itu, Muzakkar juga menyampaikan bahwa program yang dikembangkan dalam mata kuliah Proyek kepemimpinan ini tidak hanya sebatas tagihan mata kuliah saja, akan tetapi setelah lulus nantinya seluruh  peserta PPG Prajabatan dapat mengimplementasikan dan mengembangkan konsep yang sudah dikembangkan menjadi lebih inovatif lagi.

Koordinator PPG Universitas Hamzanwadi, Dr. M. Khairul Wazni, M.Pd menyampaikan melalui program ini para calon guru diharapkan dapat memiliki kompetensi yang komprehensif, yaitu tidak hanya sebatas pada pendidikan dan pengajaran, tetapi juga dapat menjadi agen perubahan dengan mampu memecahkan persoalan, baik di dalam sekolah maupun di masyarakat. Universitas Hamzanwadi berkolaborasi dengan pemerintah desa/kelurahan dan sekolah yang ada di Nusa Tenggara Barat

Pembuatan karya-karya tersebut didasari atas berbagai alasan. Seperti halnya untuk Tema satu buku seribu langkah. Ketua tim, menyampaikan munculnya ide tersebut tidak lepas dari rendahnya literasi dikalangan masyarakat sehingga melalui konsep ini diharapkan mampu meningkatkan literasi dan minat baca di kalangan masyarakat.

Karya-karya tersebut diharapkan dapat terus dikembangkan dan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat. Selain itu, mahasiswa juga didorong untuk dapat melahirkan inovasi lain, baik sebagai pendukung pelaksanaan pendidikan dan pengajaran maupun lainnya.

signal_cellular_alt dilihat: 1,971 x