Bergerak memenuhi
guru profesional

Mahasiswa PPG UHAMKA Gelar Pameran Karya Mata Kuliah Projek Kepemimpinan




Jakarta – Program Studi Pendidikan Profesi Guru, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA melalui mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang 1 Tahun 2022 menyelenggarakan pameran karya inovatif mata kuliah Projek Kepemimpinan. Pameran yang dilaksanakan tanggal 23 Juni 2023 di Aula Ahmad Dahlan Lt. 6 kampus FKIP UHAMKA ini diselenggarakan oleh 62 mahasiswa yang terbagi menjadi 9 kelompok. Karya-karya yang dipamerkan merupakan hasil pengembangan dari mata kuliah projek kepemimpinan, salah satu mata kuliah wajib dalam perkuliahan PPG Prajabatan tahun 2022.

Fokus utama projek kepemimpinan ini adalah mendorong pengembangan inovasi dan menginisiasi implementasi sebagai upaya peningkatan kualitas pembelajaran yang berkelanjutan di satuan pendidikan atau di komunitas masyarakat secara gotong-royong. Pada pelaksanaan projek kepemimipan ini, PPG FKIP UHAMKA salah satunya berkolaborasi dengan pemerintah desa/kelurahan Pinang Ranti Jakarta Timur, untuk membahas isu-isu lingkungan.

Pada pameran ini, masing-masing kelompok menampilkan berbagai jenis karya inovatif dan edukatif mereka. Diantaranya media pembelajaran interaktif, penyuluhan mitigasi bencana kebakaran, pembuatan Eco enzym, pemanfaatan budidaya Maggot dan Lilin aromaterapi dari minyak jelantah. Karya-karya tersebut mendapat banyak apresiasi dari para pengunjung pameran dan peserta.

Dekan FKIP UHAMKA, Dr. Desvian Bandarsyah, M.Pd dalam sambutan pameran yang bertajuk “First Step for Good Impact” tersebut mengungkapkan bahwa melalui pameran projek kepemimpinan, mahasiswa PPG Prajabatan dilatih untuk responsif, peduli dan selalu memberikan inspirasi pada dunia pendidikan. Selain itu beliau juga menyampaikan bahwa mahasiswa PPG Prajabatan harus terus mengembangkan dirinya untuk menjadi guru yang profesional.

Koordinator PPG FKIP UHAMKA, Drs. Khairil Iba, M.Pd juga menambahkan bahwa “dengan mahasiwa berpatisipasi aktif pada mata kuliah projek kepemimpinan ini, selain dapat memberikan pengalaman lebih juga dapat mempertajam keterampilan berpikir yang kritis dan solutif terhadap permasalahan-permasalahan yang ada di masyarakat. Terakhir, Drs. Khairil Iba, M.Pd sangat mengapresiasi karya-karya inovatif yang dipamerkan oleh mahasiswa PPG Prajabatan.

 

 

signal_cellular_alt dilihat: 2,743 x