Bergerak memenuhi
guru profesional

FKIP Unila gelar Pameran Inovasi Proyek Kepempimpinan Mahasiswa PPG Prajabatan

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Lampung (Unila) melaksanakan kegiatan Pameran Inovasi Proyek Kepempimpinan Mahasiswa PPG FKIP Universitas Lampung sekaligus berlangsung launching layanan legalisir online bagi Alumni (S1,S2,S3 termasuk alumni mahasiswa PPG FKIP Unila) secara bersamaan sebagai bentuk Inovasi dalam pengembangan layanan teknologi informasi kegiatan ini berlangsung 4 s.d 5 Juli 2023.

Kegiatan pameran ini diikuti oleh semua mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang 1 Tahun 2022 yang terdiri atas 10 Bidang studi. Keseluruhan terdapat 255 orang mahasiswa PPG Pra Jabatan Gelombang 1 Tahun Pameran inovasi mahasiswa ini merupakan wujud dari kolaborasi yang positif antara FKIP Unila dengan Mitra yang dalam hal ini dilakukan antara Mahasiswa, Dosen Pembimbing Proyek, Sekolah, dan Instruktur yang merupakan para guru penggerak. Kegiatan pameran ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan akademik mahasiswa PPG Prajabatan tahun 2022 Kegiatan  ini diselenggarakan secara terbuka di halaman Aula K FKIP Universitas Lampung setempat.


Pameran ini menampilkan berbagai karya mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang 1 seluruh program studi (prodi) yang ada di PPG. Diantaranya Bahasa Indonesia,Bahasa Inggris,Biologi,Fisika,Geografi,Kimia,Matematika,Pendidikan Guru PAUD (PG-PAUD),Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD),Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PKn). Berbagai produk yang dipamerkan antara lain Media Pembelajaran, Inovasi Pembelajaran, Pembuatan Bahan ajar, literasi, tarian, karate, Media berbasis ICT, Generasi berencana dan berbagai konsep lainnya.  Terdapat 21 stand yang mempresentasikan hasil karya dalam program proyek kepemimpinan ini. Kegiatan ini dihadiri oleh Prof. Dr. Ir. Lusmeilia Afriani, D.E.A., I.P.M. Rektor Unila, dan para wakil rektor, Ketua Senat, Para Dekan, Direktur Pascasarjana, Dekan FKIP Unila, Para Wakil Dekan, Para Kepala UPT, Para Ketua Jurusan, Para Ketua Program Studi serta para Alumni. Selain itu hadir juga Pimpinan Pos Indonesia, Pimpinan PT Bestari Media Asia, Pimpinan Telkom dan beberapa mitra.

Pada saat bersamaan dalam upaya mewujudkan inovasi kongkrit menuju “Smart Campus” dan “Good University Governance,” FKIP Universitas Lampung (Unila) telah meluncurkan layanan legalisir online. Menurut Dekan FKIP Unila, Prof. Dr. Sunyono, M.Si., layanan ini bertujuan untuk memberikan pelayanan terbaik bagi ribuan alumni FKIP Unila yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia maupun beraktivitas di luar negeri. Mereka dapat dengan mudah melakukan proses legalisir dokumen secara online dan menunggu hasilnya di rumah atau tempat tinggal masing-masing. FKIP Unila telah bekerjasama dengan Pos Indonesia untuk pengiriman dokumen yang telah dilegalisir ke berbagai wilayah. Metode Cash on Delivery (COD) dipilih untuk memberikan pilihan kepada alumni yang ingin melakukan legalisir secara langsung ke kampus. Namun, bagi mereka yang terkendala oleh jarak dan waktu, layanan ini dapat dimanfaatkan dengan baik. Dengan diluncurkannya layanan legalisir online ini, FKIP Unila berharap dapat memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi alumni dalam mengurus legalisir dokumen.


Inovasi ini merupakan langkah positif dalam menjadikan FKIP Unila sebagai universitas yang cerdas dan menerapkan tata kelola universitas yang baik. Kasub bagian Akademik Amarulloh,M.Kom., M.Pd., sebagai pengembang system mengungkapkan alumni tidak perlu datang ke kampus tinggal bertransaksi lewat media internet dan nunggu hasil, tujuannya untuk mempercepat pekerjaan, langkah pertama untuk legalisir online ini adalah Register,selanjutnya mengisi form Tracer studi, yang sangat penting untuk akreditasi kedepan, selanjutnya unggah dokumen format pdf/jpg/png, setelah di unggah,alumni mencantumkan alamat lengkap dokumen pengiriman selanjutnya alumni bisa tracking proses legalisir. Verifikasi Keaslian, salah satu langkah penting dalam legalisasi ijazah online adalah verifikasi keaslian dokumen, hal ini dilakukan melalui proses verifikasi langsung oleh verifikator bagian akademik dan IT FKIP Tujuan dari verifikasi ini adalah untuk memastikan bahwa ijazah/transkrip/sertifikat pendidik tersebut asli dan diterbitkan oleh lembaga pendidikan yang sah”. kata Amarulloh.

Dalam waktu bersamaan juga berlangsung Pameran Inovasi gelar karya mahasiswa PPG Prajabatan, Pameran Produk Proyek Kepemimpinan, yang terdiri atas 21 Stand, 10 bidang studi dengan berbagai produk karya-karya yang dipamerkan dapat terus dikembangkan dan memberikan manfaat bagi masyarakat, diakahir acara akan di pilih 3 stand terbaik dan berhak mendapatkan hadiah dari sponsor acara dan sertifikat juara sebagai penyemangat dalam mengembangkan inovasi dan kreatifitas mahasiswa.

 

signal_cellular_alt dilihat: 3,456 x