Bergerak memenuhi
guru profesional

Yudisium dan Sumpah Profesi Mahasiswa PPG Dalam Jabatan Angkatan 2 Tahun 2023 Universitas Muhammadiyah Jember

Program Studi Pendidikan Profesi Guru Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jember pada hari Kamis, 22 februari 2024 melaksanakan kegiatan Yudisium dan Sumpah Profesi Guru untuk mahasiswa PPG Dalam Jabatan Angkatan 2 dan Retaker Tahun 2023. Yudisium dilaksanakan secara hybrid. Pelaksanaan Yudisium luring bertempat di Gedung Zainuri Universitas Muhammadiyah Jember dan Yudisium berani dilaksanakan melalui Zoom Meeting pada saat yang bersamaan, diperuntukkan bagi mahasiswa yang tidak dapat hadir luring.

Mahasiswa yang mengikuti Yudisium ini adalah mahasiswa PPG Dalam Jabatan Gelombang 2 dan Retaker yang telah dinyatakan selesai mengikuti semua pembelajaran dan lulus mengikuti ujian kompetensi mahasiswa program profesi guru (UKMPPG) yang meliputi Uji Kinerja (UKIN) dan Uji Pengetahuan (UP). Jumlah siswa yang dimaksut adalah 191 siswa. Sebanyak 115 Mahasiswa mengikuti Yudisium secara luring, sisanya mengikuti secara daring.

Acara yudisium berlangsung dengan khidmat. Yudisi beserta pendamping melakukan registrasi pukul 8 dan satu jam kemudian acara dimulai ditandai dengan hadirnya Senat di Gedung Yudisium. Mengusung tema Adat, acara Yudisium kali ini dipenuhi wajah para Yudisi yang terlihat begitu antusias dan bangga dengan pakaian adat daerah masing-masing. Sesekali para Yudisi terlihat berfoto sambil tetap mengikuti acara dengan khusuk. Acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Himne Unmuh Jember, dan Sang Surya. Dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Qur'an. Sambutan Dekan FKIP, Dr. Kukuh Munandar, M.Kes., lalu mewarnai Gedung Yudisium dengan tawa sekaligus haru karena dalam Berbagai beliau para Yudisi diajak mengingat perjalanan dari awal PPG hingga menyandang gelar Gr., dan mengingatkan betapa gelar itu mengandung sumpah sebagai Guru Profesional .

Selanjutnya, untuk membekali Para Yudisi dengan semangat berinovasi, Ibu Dr. Emy Kholifah, M.Si, Wakil Rektor 1, yang dalam hal ini mewakili Rektor, Dr. Hanafi, M.Pd., menyampaikan orasi tentang Pendidikan Abad 21. Setelah orasi berakhir , acara Sumpah Profesi Guru dilaksanakan. Sumpah Profesi dipimpin oleh Yudisi terjauh yang hadir yaitu Yudisi dari Bidang Studi Pendidikan Biologi yang berasal dari Sulawesi. Serah terima Sertifikat Pendidik kemudian dilakukan setelahnya. Yudisi yang hadir melakukan serah terima dengan Dekan FKIP dan Kaprodi PPG, sementara Yudisi yang mengikuti secara berani melakukan serah terima secara simbolik.

Tepat pukul 10.30 serah terima Sertifikat Pendidik selesai. Untuk menutup acara Yudisium ini, Persembahan dari para Yudisi ditampilkan. Beberapa menampilkan puisi, menyanyi dalam grup, dan penampilan lainnya. Ini meninggalkan kesan khusus baik kepada Yudisi maupun Dosen, Guru Pamong, dan Pimpinan yang mengikuti Yudisium. Kemudian acara Yudisium resmi berakhir ditandai dengan keluarnya Senat dari Gedung Yudisium. 

Red: Tim Publikasi Universitas Muhammadiyah Jember
Editor: Shintia Ira Claudia/Anyes Sedayu

signal_cellular_alt dilihat: 12,255 x