Bergerak memenuhi
guru profesional

UNIVERSITAS NEGERI MALANG SELENGGARAKAN KMD DAN KML UNTUK MAHASISWA PPG PRAJABATAN

Selain kegiatan akademik, Universitas Negeri Malang juga membekali mahasiswa PPG Prajabatan sebagai calon guru profesional dengan berbagai kegiatan penunjang akademik, salah satunya adalah kegiatan kepramukaan. Pada 1-6 Agustus 2023, 884 mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang 1 tahun 2023 mengikuti pendidikan dan pelatihan kepramukaan di Pusdiklatcab Witaraga Kota Malang.
Kegiatan ini terdiri atas 2 sesi, yaitu sesi penyelesaian tugas teoretik secara daring pada 1-3 Agustus 2023 dan sesi perkemahan dan practic skills secara luring pada 4-6 Agustus 2023. Sebanyak 721 mahasiswa mengikuti Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) dan 163 mahasiswa mengikuti Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Lanjut.

Kegiatan perkemahan dan praktik dibuka oleh Ketua Program Studi PPG UM, Dr. Muhammad Alfan, S.Pd, M.Pd di halaman Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang. Kegiatan ini dihadiri oleh Direktur Utama Perumda Air Minum Tugu Tirta, Kadinas Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata kota Malang, dan Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Malang.

Kegiatan KMD berlangsung di Pusdiklat Kwarcab Malang, dan kegiatan KML berlangsung di halaman rektorat Universitas Wisnuwardhana Malang. Berbagai variasi metode dan ice break penyegar suasana pembelajaran digunakan sehingga acara berlangsung dengan fun dan tidak membosankan. Acara ini juga dimonitor oleh tim dari Ditjen GTK Kemendikbud. Kegiatan berlangsung lancar walaupun ada yang mengalami gangguan kesehatan tetapi dapat ditangani tim medis dengan baik.

Kegiatan ditutup secara resmi oleh Direktur Sekolah Pascasarjana UM, Prof. Dr. Adi Atmoko, M.Si, M.Pd pada Minggu, 6 Agustus 2023 bertempat di lapangan kampus STIBA Kota Malang. Beliau berpesan agar mahasiswa selain terampil mengajar di kelas, juga dapat menjadi pembina Pramuka sebagai kegiatan ekstrakurikuler yang wajib diikuti semua siswa di seluruh jenjang sekolah.

#ppgum
#ppgkemendikbud
#direktoratppg

signal_cellular_alt dilihat: 4,429 x