Bergerak memenuhi
guru profesional

Praktik Inspiratif Pembelajaran Berdiferensiasi dari Guru PAUD di Kalimantan Selatan

Balangan, Kalimantan Selatan, 17 Maret 2023—Direktorat Guru Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (PAUD dan Dikmas), Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah berhasil membuat mimpi para guru PAUD menjadi nyata. Salah satu guru guru penerima manfaat adalah guru PAUD dari Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan.

Kabupaten ini memiliki kecamatan yang berkategori daerah 3T. Perjalanan menuju Kabupaten Balangan dari ibukota provinsi menempuh waktu sekitar 5 s.d. 6 jam namun hal tersebut tidak menyurutkan langkah seorang guru inspiratif untuk memberikan dedikasi terbaiknya bagi kabupaten ini. Dia adalah Asma Halida dari KBIT Permata Hati, Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan.

Asma merupakan peserta terbaik kategori pendidik PAUD (KB/SPS/TPA) inspiratif. Setelah menerima penghargaan sebagai guru inspiratif, jalan Asma terbuka untuk mewujudkan segala mimpinya. Sejak lama, ia ingin mengembangkan kompetensinya sebagai guru. Ia mengingat kembali masa penuh perjuangan ketika banyak orang meragukan kompetensinya. Bahkan banyak orang yang menganggap bahwa PAUD hanya sekadar tempat penitipan anak.

“Bagi saya, guru PAUD itu memiliki marwah yang tinggi. Itulah yang membuat saya ingin terus meraih prestasi,” tutur Asma, yang lebih sering dipanggil oleh murid dan rekan sejawatnya dengan sebutan Ustadzah Asma. Hal itu ia ungkapkan di Balangan, pada Selasa (14/3/2023).

Asma membuat pembelajaran di KBIT Permata Hati menjadi lebih berwarna. Ia menerapkan pembelajaran berdiferensiasi. Dalam praktiknya, ia memberikan pilihan permainan yang variatif dalam setiap tema yang diajarkan kepada murid. Pembelajaran berdiferensiasi yang ia terapkan menjadi salah satu scene yang ada di dalam Film.

Misalnya ketika Asma mengajar tema Aku Cinta Indonesia, subtema ‘Bumi Sanggam’ dengan topik buah lokal. Ia menggunakan buah cempedak (tiwadak). Melalui buah ini, Asma mengajarkan bentuk, warna dan muatan lokal kepada murid-muridnya. Murid-murid Asma sangat senang karena mereka diberikan kesempatan untuk memilih jenis permainan sesuai minatnya. Mereka dapat memilih bermain tempel menempel gambar, bermain playdough, atau bermain puzzle.

Cerita perjuangan Asma lalu diangkat ke dalam Film Profil Guru Inspiratif dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Produksi filmnya sendiri mengambil lokasi di Kabupaten Balangan dan Kota Banjarmasin, pada Selasa (14/3/2023) hingga Jumat (17/3/2023). Proses produksi dilakukan oleh Kelompok Kerja Data, Publikasi, dan Komunikasi Publik, Direktorat Guru PAUD dan Dikmas bekerja sama dengan Balai Guru Penggerak (BGP) Provinsi Kalimantan Selatan, dan Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin), Kemendikbudristek. Film dengan durasi 10 menit ini akan ditayangkan pada youtube Direktorat Guru PAUD dan Dikmas (https://www.youtube.com/@gurupauddikmas).

Melalui film pendek ini, Direktur Guru PAUD dan Dikmas, Santi Ambarukmi berharap para guru mendapat termotivasi untuk menjadi sosok guru yang inspiratif dan memiliki semangat untuk terus berbagi praktik baik kepada guru-guru di seluruh Indonesia.

“Kami sangat berharap para guru bisa termotivasi untuk menjadi lebih baik, mampu menjawab segala tantangan dan dapat mengembangkan kompetensinya untuk pendidikan Indonesia yang lebih baik,” tegas Santi.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Kabupaten Balangan, Ribowo menyampaikan apresiasi yang sama atas produksi film guru inspiratif dari Balangan ini. Menurut Ribowo, Asma merupakan sosok guru yang patut menjadi contoh bagi guru lainnya. Beliau memiliki semangat tiada henti untuk memberikan prestasi terbaik meskipun tantangan yang dihadapi juga tak ringan.

“Asma merupakan sosok guru yang mampu menjawab tantangan itu. Kami sudah sepatutnya bangga dengan putri daerah yang telah mengharumkan nama Balangan di kancah nasional,” jelas Ribowo.

Melalui produksi film ini, Riwobo berharap, para guru dan kepala sekolah PAUD mendapatkan kesempatan yang sama untuk menunjukkan prestasinya dan berbagi praktik baik dalam proses pembelajaran. Dengan demikian, mampu menjadi pemantik semangat guru lainnya untuk menciptakan proses pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik.

Informasi lebih lanjut terkait pembuatan film dapat menghubungi Pokja Data, Publikasi, dan Komunikasi Publik, dengan alamat Gedung D Lantai 13, Kantor Kemendikbudristek, Jl. Jenderal Sudirman, RT.5/RW.1, Senayan, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Jakarta 12190. Ataupun Email: warnawarni.pauddikmas@gmail.com. Website: guruustadikmas.kemdikbud.go.id; Facebook: Guru PAUD Dikmas; Instagram:@gurupauddikmas; Youtube: Guru PAUD Dikmas.


Dukungan Dinas Pendidikan Balangan terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka

Dinas Pendidikan Kabupaten Balangan mendukung penuh Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) yang sudah diterapkan oleh Asma dalam pembelajaran di KBIT Permata Hati. Menurut Riwobo, Kurikulum Merdeka merupakan kurikulum yang mampu menjawab tantangan zaman dengan mengedepankan kebutuhan para peserta didik.

“Kurikulum merdeka terbukti mampu mengubah paradigma pembelajaran selama ini. Kami dari dinas pendidikan mendukung implementasi kurikulum merdeka. Semoga dengan IKM, pendidikan di Indonesia semakin maju dan berkarakter,” tutur Ribowo.


Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat Sekretariat Jenderal

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Laman: kemdikbud.go.id

Twitter: twitter.com/Kemdikbud_RI

Instagram: instagram.com/kemdikbud.ri

Facebook: facebook.com/kemdikbud.ri

Youtube: KEMENDIKBUD RI

Pertanyaan dan Pengaduan: ult.kemdikbud.go.id

#MerdekaBelajar

signal_cellular_alt dilihat: 1,180 x