Bergerak memenuhi
guru profesional

Perayaan Hari Guru Nasional memberikan apresiasi kepada Komunitas PPG yang kreatif dan inovatif

Jakarta, Direktorat Pendidikan Profesi Guru (PPG) menyelenggarakan kegiatan Apresiasi PPG dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional (HGN) yang jatuh pada tanggal 25 November 2023 dengan tema “Bergerak Bersama Rayakan Merdeka Belajar”. Kegiatan ini dilaksanakan pada Rabu-Sabtu, 22-25 November 2023 di Hotel Merlynn Park dan Indonesia Arena Senayan, DKI Jakarta. 


Kegiatan hari pertama, Rabu, 22 November 2023 pukul 16.00 WIB bertempat di Hotel Merlynn Park dimulai dengan pembukaan Apresiasi PPG yang diikuti oleh 100 peserta dari empat kategori lomba, yakni: (1) Apresiasi Publikasi Artikel Ilmiah Mahasiswa PPG Prajabatan, (2) Apresiasi Video Uji Kinerja (Ukin) PPG Dalam Jabatan, (3) Apresiasi Praktik Baik Guru Pamong dalam Pendampingan PPG Prajabatan, dan (4) Apresiasi Pengembangan Mata Kuliah Elektif PPG Prajabatan. Kegiatan ini secara resmi dibuka langsung oleh Ana Budi Kuswandani Kepala Subbagian Tata Usaha (Kasubbag TU) Direktorat PPG. 




Peserta yang hadir adalah mereka yang telah lolos dari seleksi tahap pertama terkait kelengkapan berkas. Pada malam harinya kegiatan berlanjut dengan seleksi tahap kedua wawancara dimana para peserta mempresentasikan karya dan hasil produk yang sudah dibuat kepada tim penguji. 


Kegiatan hari kedua, Kamis, 24 November 2023 para penguji melakukan rapat pleno penetapan lima terbaik dari keseluruhan kategori yang dilombakan. Berlanjut pada hari ketiga, Jumat, 25 November 2023, Apresiasi PPG dilaksanakan dengan dihadiri oleh Nunuk Suryani selaku Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK), Temu Ismail, Sekretaris Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Sesditjen GTK), Ana Budi Kuswandani selaku Kasubbag TU Direktorat PPG beserta jajaran Direktorat PPG. Apresiasi ini diraih oleh lima peserta terbaik dari empat kategori. Kategori Publikasi Artikel Ilmiah, Video Ukin PPG Daljab, dan Praktik Baik Guru Pamong, mendapatkan satu unit tablet untuk lima peserta terbaik dari masing-masing kategori. Untuk kategori Pengembangan Mata Kuliah Elektif, diberikan hadiah insentif kepada lima peserta sebesar 10 juta rupiah.


Temu Ismail selaku Sesditjen GTK menyatakan bahwa, “Direktorat PPG telah melakukan banyak transformasi selama kurun dalam dua tahun ini, tentunya banyaknya dukungan dari komunitas PPG dalam penyelenggaraan program PPG ini”.


Senada dengan Temu Ismail, Nunuk Suryani dalam sambutannya menyatakan, “Direktorat PPG yang baru berusia dua tahun telah melakukan banyak lompatan dan prestasi atas kinerja-kinerjanya. Saya tahu betul perjuangannya dari awal berdiri hingga saat ini. Tentunya melalui perayaan Hari Guru Nasional ini memberikan apresiasi kepada komunitas PPG yaitu guru pamong, mahasiswa PPG Prajabatan dan Dalam Jabatan serta LPTK yang kreatif serta inovatif  dalam proses penyelenggaraan program PPg”.


Malam harinya, kegiatan berlanjut dengan diskusi teknis dengan para perwakilan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) se-Indonesia mengenai program-program yang dijalankan oleh Direktorat PPG dan materi terkait persiapan Puncak HGN 2023. Diskusi ini dihadiri langsung oleh Dr. Soesilo selaku Koordinator Pokja Kemitraan dan Hubungan Masyarakat dari Setditjen GTK, Kasubbag TU Ana Budi Kuswandani, dan semua Koordinator Pokja di jajaran Direktorat PPG.


Pada hari keempat, 25 November 2023, kegiatan diawali dengan pelaksanaan upacara memperingati HGN 2023 yang dihadiri oleh perwakilan Mahasiswa PPG Prajabatan sebagai perwakilan Direktorat PPG di Lapangan Gedung A Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Pada pukul 12.00 WIB Direktorat PPG bersama Mahasiswa PPG Prajabatan, Peserta Apresiasi PPG, dan Perwakilan LPTK berangkat ke Indonesia Arena untuk menghadiri Acara Puncak HGN 2023. 


Acara Puncak HGN 2023 ini dimulai pada Pukul 15.00 - 17.30 WIB yang dihadiri langsung oleh Joko Widodo selaku Presiden RI, Nadiem Anwar Makarim selaku Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, serta para tamu undangan dari lintas kementerian. Acara puncak HGN ini dihadiri oleh 7500 peserta dari berbagai elemen.




Nadiem Makarim dalam sambutannya menyampaikan, “Hari ini adalah puncak 4 tahun umur Merdeka Belajar. Saya sangat senang bisa bertemu dengan seluruh guru dari berbagai wilayah di Indonesia berkumpul di satu tempat ini. Ini adalah hasil kerja keras para guru”.


Presiden Joko Widodo juga menyampaikan ucapan terima kasih untuk guru, “Kepada para guru, saya bisa jadi presiden begini juga karena para guru. Para guru mempunyai banyak kewajiban untuk terus berinovasi dan meningkatkan kualitas pendidikan untuk mencetak SDM yang berkepribadian, berkarakter Indonesia, dan unggul dalam menghadapi tantangan di masa depan”. 


Laporan : Bima sakti





signal_cellular_alt dilihat: 2,427 x