Bergerak memenuhi
guru profesional

Parents Teaching Day! Kegiatan Mahasiswa PPG UNESA yang Libatkan Kepala Cabang PT Ajinomoto

Mahasiswa kelompok Proyek Kepemimpinan PPG Prajabatan Fisika Gelombang 2 Tahun 2022 Universitas Negeri Surabaya menggelar kegiatan Parents Teaching Day bertajuk “Optimalisasi Peran Orang Tua dalam Pengembangan Kompetensi dan Karakter Peserta Didik dengan Model KOPHOG (Keterlibatan Orang Tua Berbasis Penguatan Hubungan Orang Tua Dan Guru)” di SMA Muhammadiyah 1 Taman, Sidoarjo (21/07/2023).


Parents teaching merupakan upaya pelibatan orang tua secara langsung dalam proses pembelajaran di sekolah. Kegiatan ini bertujuan untuk menjalin hubungan kerjasama yang erat antara guru dan orang tua dalam mendidik para peserta didik di sekolah dengan memperkenalkan ragam keterampilan dan pengetahuan yang dikemas dalam kegiatan belajar mengajar.


Kegiatan ini dilaksanakan secara offline di kelas XII M - ICO SMA Muhammadiyah 1 Taman. Menariknya, kegiatan Parents Teaching Day ini dihadiri oleh Darmanto selaku Kepala Cabang Surabaya PT. Ajinomoto Sales Indonesia. Darmanto merupakan orang tua dari salah satu peserta didik XII M – ICO, Dhidan Fachriza Zakaria.

Parents Teaching Day ini merupakan pertama kalinya bagi Darmanto mengajar peserta didik di kelas. “Pertama-tama juga saya terima kasih, ini surprise buat saya, jadi pengalaman pertama saya menghadapi murid. Saya tidak pernah jadi guru, tapi kali ini diundang untuk ya dilihat dari judulnya ini memberikan suatu pengajaran dari orang tua.” Ungkap Darmanto.


“Tapi disini saya tidak mengajar ya karena memang background saya bukan seorang pendidik, bukan seorang guru, tapi di rumah saya menjadi seorang guru untuk anak saya.” Tambah Kepala Cabang Surabaya PT. Ajinomoto Sales Indonesia.


Dalam kesempatan mengajar selama 45 menit, Darmanto memberikan materi kepada peserta didik tentang cara mengenali potensi dan memaksimalkannya untuk meraih kesuksesan, serta memberikan motivasi dan membagikan kisah inspiratif dari perjalanan hidupnya hingga mencapai titik sukses.


Meskipun kegiatan ini tidak dapat dihadiri oleh beberapa peserta didik karena bertabrakan dengan jadwal demo ekstrakulikuler sekolah, akan tetapi antusias peserta didik yang hadir di kelas mampu membuat komunikasi berlangsung dua arah.


Peserta didik pun menanggapi positif kegiatan Parents Teaching Day ini, salah satunya Firdasari Nanda Putri. “Materi yang disampaikan cukup relevan dengan kebutuhan saya sebagai seorang peserta didik. Melalui materi yang disampaikan, saya mendapatkan ilmu terkait cara untuk memaksimalkan potensi diri.” Ujar Firdasari.


“Saya senang kegiatan semacam ini dilaksanakan. Dengan kegiatan yang demikian orang tua juga menjadi tahu suasana kelas putra / putrinya.” Tambah Firdasari.


Harapan ke depan tentang proyek yang dibimbing oleh Ibu Lydia Rohmawati, S.Si., M.Si dan beranggotakan delapan mahasiswa PPG UNESA (Roifatu Diana Zain, Atika Nadiana, Jelita Puspita Ningrum K, Kasiyama Lukitasari, Winda Rachman Putri, Siti Khoiriyatul Ummah, Firdaus Maulida dan Anggi Larasati) ini yaitu mampu Menjalin hubungan kerjasama yang erat antara guru dan orang tua dalam pendidikan anak di sekolah dengan memperkenalkan ragam keterampilan serta pengetahuan yang dikemas dalam kegiatan belajar mengajar.


signal_cellular_alt dilihat: 1,442 x