Bergerak memenuhi
guru profesional

Pameran Inovasi Proyek Kepemimpinan Mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang 2 FKIP Unila: Menyemai Perubahan di Dunia Pendidikan

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Lampung (Unila) melaksanakan kegiatan Pameran Inovasi Proyek Kepemimpinan Mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang 2 yang bertempat di pelataran parkir FKIP Universitas Lampung (06–07/09/2023).

Kegiatan pameran ini dihadiri oleh Prof. Dr. Sunyono, M.Si., Dekan FKIP Unila, para wakil dekan, para ketua jurusan, dan para ketua program studi. Selain itu, kegiatan pameran ini diikuti oleh semua mahasiswa PPG prajabatan gelombang 2 tahun 2023.

Pameran inovasi mahasiswa ini adalah hasil kerjasama positif antara FKIP Unila dan mitra, melibatkan mahasiswa, dosen pembimbing proyek, sekolah, dan instruktur yang merupakan guru penggerak. Pameran ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan akademik mahasiswa PPG prajabatan gelombang 2 tahun 2023.

Pameran ini memperlihatkan sejumlah karya mahasiswa PPG prajabatan gelombang 2 dari seluruh program studi yang ada di PPG, termasuk Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Biologi, Fisika, Geografi, Kimia, Matematika, Pendidikan Guru PAUD (PG-PAUD), Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), dan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PKn). Dalam pameran ini, berbagai produk ditampilkan, seperti media pembelajaran, inovasi pembelajaran, pembuatan bahan ajar, literasi, tarian, karate, media berbasis TIK, generasi berencana, serta berbagai konsep lainnya. Terdapat 17 stan yang mempresentasikan hasil karya dalam program proyek kepemimpinan ini.

Dr. Caswita, M.Si., dalam sambutannya menyampaikan bahwa tujuan dari pameran inovasi ini tidak hanya untuk melibatkan mahasiswa PPG, tetapi juga guru dan siswa dalam upaya meningkatkan inovasi dalam proses pembelajaran. Proyek Kepemimpinan ini bertujuan melatih kemampuan kepemimpinan mahasiswa melalui kegiatan service learning atau pembelajaran berbasis pelayanan kepada komunitas atau masyarakat yang menjadi target.

“Melalui program ini, diharapkan mahasiswa dapat memberikan kontribusi dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh masyarakat,” ujarnya

Selanjutnya, Prof. Dr. Sunyono, M.Si. dalam sambutannya menyatakan bahwa hasil yang diharapkan dari proyek kepemimpinan adalah bahwa mahasiswa PPG akan mampu menerapkan inovasi pembelajaran setelah mereka lulus dan menjadi guru profesional. Sebagai guru profesional, mereka diharapkan memiliki kemampuan komprehensif dalam tugas pokok mereka sebagai pendidik dan instruktur, termasuk kemampuan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran.

Kegiatan pameran ini dilaksanakan selama 2 hari. Di hari pertama, setiap kelompok menyajikan karya seni mereka dalam bentuk drama, musikalisasi puisi, solo song, dan sebagainya. Kemudian di hari kedua, para mahasiswa PPG mempresentasikan inovasi kepemimpinan yang telah mereka lakukan.

signal_cellular_alt dilihat: 3,591 x