Bergerak memenuhi
guru profesional

Orientasi Mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang 1 Tahun 2023 Universitas Negeri Malang

Malang, 11 September 2023 - Sekolah Pascasarjana (SPs) Universitas Negeri Malang (UM) berhasil menggelar Orientasi Mahasiswa Program Pembinaan Guru Prajabatan (PPG Prajabatan) Gelombang 1 Tahun 2023. Acara berlangsung meriah di Graha Cakrawala UM dan dihadiri oleh Rektor UM, Prof. Dr. Hariyono, M.Pd., beserta jajaran pimpinan SPs UM. 


Dalam laporan yang disampaikan oleh Direktur SPs UM, Prof. Dr. Adi Atmoko, S.Pd., M.Pd., disebutkan bahwa sebanyak 1216 mahasiswa telah bergabung dalam PPG Prajabatan, mewakili 14 bidang studi yang berbeda dan terorganisir dalam 45 rombongan belajar. Mahasiswa-mahasiswa ini berasal dari berbagai penjuru tanah air, dari Aceh hingga Papua, menciptakan keragaman budaya serta pengalaman di lingkungan akademik UM.


Rektor UM, Prof. Dr. Hariyono, M.Pd., dalam sambutannya, menyampaikan antusiasme dan semangatnya kepada mahasiswa yang baru saja bergabung bersama keluarga besar UM, "Selamat datang di Universitas Negeri Malang! Tempat yang akan menjadi rumah bagi pengetahuan, pertumbuhan, dan pencapaian Anda," ujar Rektor Hariyono. "Kami berkomitmen memberi pendidikan berkualitas dan mempersiapkan Anda menjadi guru yang tangguh dan berpengaruh di masa depan!"


Materi orientasi yang diberikan dalam acara ini sangat relevan dengan kebutuhan pendidikan modern. Dr. Muhammad Alfan, S.Pd., M.Pd., membahas Desain PPG Prajabatan Tahun 2023, sementara Yuniawatika, S.Pd., M.Pd., memaparkan konsep "Alur Merdeka" dalam pembelajaran PPG yang inovatif. Dr. Ari Wibowo Kuriawan, M.Pd., mengenalkan profil mahasiswa tangguh yang diharapkan oleh universitas dari para mahasiswa PPG.


Fatiya Rosyida, S.Pd., M.Pd., menjelaskan sistem perkuliahan dan kegiatan penunjang akademik PPG Prajabatan, sementara Lidya Amalia Rahmania, S.Kom., M.Kom., dan Dedi Tiarno, S.Kom., mengenalkan Learning Management System (LMS) PPG Prajabatan 2023 yang akan mendukung mahasiswa dalam proses pembelajaran.


Orientasi Mahasiswa PPG Prajabatan di UM ini bukan hanya awal perjalanan pendidikan, tetapi juga awal perjalanan membentuk generasi pendidik yang berkualitas dan berdedikasi. Semua pihak, mulai dari rektor sampai direktur, bersatu memberi peluang terbaik kepada mahasiswa dalam mencapai impian mereka di dunia pendidikan.

signal_cellular_alt dilihat: 4,719 x