Bergerak memenuhi
guru profesional

Laporan Akhir dan Uji Kebugaran PPG Prajabatan Angkatan 1 Tahun 2023 di Hotel Royal Trawas

Pada tanggal 1-3 Maret 2024, bertempat di Hotel Royal Trawas, kegiatan Laporan Akhir  dan Uji Kebugaran Program Pembinaan Guru Prajabatan (PPG) Angkatan 1 Tahun 2023 telah berlangsung dengan sukses. Acara ini dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor II Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Bapak Dr. Bachtiar Syaiful Bachri, M.Pd., yang turut hadir sebagai tamu kehormatan.




Bapak Dr. Bachtiar Syaiful Bachri, M.Pd., dalam sambutannya menyampaikan apresiasinya terhadap seluruh peserta yang meliputi koordinator pelaksana Prodi dan Koordinator Bidang Studi, Guru Pamong, tim kebugaran, tim fasilitator IT, dan tim pelaksana PPG Unesa yang terdiri dari tim administrasi dan keuangan, tim adhoc PPG, serta tim perlengkapan PPG yang  telah menjalani proses kegiatan pelaksanaan PPG Prajabatan dengan sangat baik selama kurun waktu dua semester. Beliau menekankan pentingnya peran dosen dan tim yang mendukung keterlaksanaan PPG Prajabatan dalam mendidik serta memberikan pelayanan  yang prima terhadap peserta PPG Prajabatan Angkatan 1 Tahun 2023.

Acara pembukaan dilanjutkan dengan laporan kegiatan oleh Kepala Pusat PPG Unesa, Bapak Dr. Fatkhurrahman Kafrawi, M.Pd. Beliau memaparkan secara rinci berbagai kegiatan yang telah diadakan selama proses pembinaan, termasuk materi-materi pelatihan, kegiatan praktik lapangan, dan berbagai aspek peningkatan kompetensi guru.

Salah satu poin utama dalam laporan kegiatan adalah penekanan pada pendekatan kebugaran fisik sebagai bagian integral dari pembinaan guru. Dr. Fatkhurrahman Kafrawi, M.Pd. mengungkapkan bahwa kebugaran fisik menjadi aspek penting untuk mendukung kesejahteraan guru dan memberikan dampak positif terhadap kualitas pembelajaran di kelas. Maka berdasarkan hal tersebut, PPG Unesa mengembangkan inovasi dengan menyisipkan mata kuliah kebugaran sebagai mata kuliah elektif pada PPG Prajabatan Angkatan 1 Tahun 2023.

Sesi laporan kegiatan dilanjutkan dengan uji kebugaran fisik bagi para peserta acara tersebut. Uji kebugaran ini mencakup sejumlah tes yang dirancang untuk mengukur kekuatan, ketahanan, dan keseimbangan fisik peserta. Uji kebugaran ini bertujuan untuk memastikan bahwa peserta acara memiliki gambaran umum terkait dengan kebugaran yang dimiliki, sehingga bisa mengantisipasi dengan meningkatkan kebugaran dalam melayani PPG terutama proses PPG Prajabatan.

Kegiatan ini diakhiri dengan acara penutupan oleh Bapak Direktur LPSP (Lembaga Pendidikan dan Sertifikasi Profesi) Bapak Dr. Martadi, M.Sn. Pada kesempatan itu disampaikan juga pengumuman terkait dengan rekapitulasi hasil tes kebugaran yang sudah dilengkapi oleh rekomendasi program Latihan kebugaran per individu sesuai dengan hasil masing-masing. Pengumuman ini disampaikan oleh Bapak Kapus PPG, Dr. Fatkhurrahman Kafrawi, M.Pd.

Semoga PPG Prajabatan terus menjadi wahana pembinaan guru yang efektif dan berkelanjutan untuk mencetak tenaga pendidik yang berkualitas. Selamat kepada para peserta PPG Prajabatan Angkatan 1 Tahun 2023, dan semoga kontribusi mereka dapat memberikan dampak positif pada dunia pendidikan di tanah air.

signal_cellular_alt dilihat: 1,531 x