Bergerak memenuhi
guru profesional

Kata GTK Tentang POP

Salam Organisasi Penggerak!


Halo #SahabatGTK!


“Kami melihat peluang untuk meningkatkan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan melalui Program Organisasi Penggerak,” ucap Albertus Suwarto, Ketua Pelaksana POP Yayasan Pangudi Luhur jenjang SMP. 


Selama tahun 2021 dan 2022, Yayasan Pangudi Luhur telah melaksanakan pelatihan POP yang menyasar 166 satuan pendidikan di 47 kabupaten/kota di 11 provinsi . Yayasan Pangudi Luhur berfokus pada perubahan paradigma pengelolaan sekolah, perubahan pelayanan pembelajaran, penguatan substansi guru, penguatan karakter siswa, perencanaan dan desain kurikulum, serta penyebaran core values yayasan. 


Salah satu kepala sekolah peserta pelatihan POP oleh YPL, Bapak Pius Trijoko dari SD Pangudi Luhur Vincentius, menyampaikan motivasinya mengikuti POP. “Kami ingin mempersiapkan anak-anak dalam menghadapi pembelajaran keterampilan abad ke-21,” ucapnya. Dari hasil pelatihan, terdapat perubahan pola pikir guru dalam mengajar dan peningkatan kompetensi guru terutama dalam menyusun perangkat ajar. “Proses pembelajaran menjadi lebih variatif dan kontekstual,” jelasnya.


Hal senada disampaikan oleh Anselmus Aka Prasetya selaku Kepala Sekolah SMP Pangudi Luhur Salatiga. “Banyak hal yang kami dapatkan dari pelatihan POP yang menjadi landasan sekolah untuk menyusun kurikulum,” terangnya. Menurut Anselmus, pengembangan karakter peserta didik juga mengutamakan pengembangan Profil Pelajar Pancasila. 


Dua guru dari jenjang SD dan SMP juga menyampaikan kesannya dalam mengikuti pelatihan POP oleh Yayasan Pangudi Luhur. Fransisca Dewi, Guru dan Tim Pengembang Sekolah SD Pangudi Luhur Vincentius, mengatakan bahwa pelatihan POP mendorong guru untuk mengembangkan potensi di sekitar sekolah sebagai media pembelajaran dan kegiatan P5.


Selain itu, Prasasti Purba, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum di SMP Swasta Santa Maria Kabanjahe, menyatakan bahwa pelatihan POP memberikan dampak positif baginya. “Pelatihan menambah wawasan dan pengalaman sehingga saya semakin memahami karakteristik peserta didik,” jelasnya. 


Mari bergerak bersama, tingkatkan kualitas hasil belajar siswa.





#ProgramOrganisasiPenggerak 

#MerdekaBelajar 

#DitjenGTK

signal_cellular_alt dilihat: 1,777 x