Bergerak memenuhi
guru profesional

Direktorat Jenderal GTK Jalin Kerja Sama dengan Teach First Indonesia

Jakarta - Kerja sama yang terjalin antara Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) dan Teach First Indonesia (TFI) adalah upaya serius untuk melahirkan kepemimpinan kolektif dalam rangka mentransformasi ekosistem pendidikan yang memerdekakan anak Indonesia menjadi pemimpin kehidupan.

Penandatanganan kerja sama yang dilaksanakan pada 22/02/2022 disampaikan oleh Direktur TFI, Dewan Pembina TFI, Direktur Jenderal GTK, Sekretaris Direktorat Jenderal GTK, Plt. Direktur Pendidikan Profesi Guru, Kasubbag. Tata Usaha Direktorat Pendidikan Profesi Guru, dan Tim PPG. 

Adhika Ganendra, Plt. Direktur Pendidikan Profesi Guru dalam laporannya mengatakan bahwa kerja sama ini secara garis besar bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada generasi muda agar dapat mengikuti program PPG Prajabatan dari lokasi pengugasan yang telah ditentukan oleh TFI dan disetujui oleh Direktorat PPG. “Bersama-sama memenuhi kebutuhan guru di daerah pelosok di Indonesia dan menjamin kualitas guru yang akan ditugaskan,” tambahnya.

Direktur Jenderal GTK, Nunuk Suryani, juga menambahkan bahwa fokus pengembangan kompetensi guru dan peningkatan kesejahteraan guru harus terus diupayakan. “Perjanjian kerja sama ini merupakan momen yang penting dalam upaya kita bersama menyediakan pendidikan yang berkualitas bagi seluruh anak Indonesia, agar mereka bisa mencapai potensi maksimal yang mereka miliki untuk menjadi pemimpin kehidupan, baik di masa sekarang maupun di masa yang akan datang.”

Najeela Shihab, selaku Dewan Pembina TFI, menambahkan bahwa kerja sama ini diharapkan dapat mendorong semakin banyak generasi muda untuk mengambil peran sebagai pemimpin dalam ruang kelas melalui profesi guru dan memberikan dampak bagi ekosistem pendidikan dalam jangka panjang. Menuhi angka kebutuhan guru di daerah pelosok di Indonesia, dimana daerah sasaran program kerja sama ini masih terdapat kekurangan guru. “Harapan kami untuk dapat meningkatkan kualitas pembelajaran yang berpusat pada murid dan kualitas pendidikan yang mendorong murid mencapai dan menggunakan potensinya secara maksimal dapat dilaksanakan bersama-sama baik dari kami di TFI dan pemerintah”, tutupnya. Penulis: Shintia Ira Claudia Editor: Anyes Sedayu/Nissa Afriliana/ Rubinah

signal_cellular_alt dilihat: 1,096 x