Bergerak memenuhi
guru profesional

Siapkan Pembina Pramuka, Universitas Muhammadiyah Purwokerto Adakan Kursus Pembina Pramuka Bagi Mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang 2 Tahun 2023 Selama 5 Hari

Banyumas, sebanyak 325 mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang 2 Tahun 2023, FKIP Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) mengikuti kegiatan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar dan Lanjutan (KMD-KML). Bekerja sama dengan Kwartir Cabang Kabupaten Banyumas, kegiatan dilaksanakan selama 5 hari mulai tanggal 2-6 Mei 2024 bertempat di Bumi Perkemahan Kendalisada, Banyumas. Acara pembukaan dihadiri langsung oleh Ketua Kwarcab Banyumas Agus Nur Hadi beserta jajarannya, koordinator PPG FKIP UMP, Kapusdiklat Kendalisada, para pelatih dan tamu undangan. Seluruh peserta yang dinyatakan lulus diklat nantinya akan mendapat ijazah sesuai dengan kelas yang diikuti dengan total 70 JP.

“Kegiatan KMD dan KML bagi mahasiswa PPG Prajabatan merupakan salah satu bentuk kegiatan non-akademik yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa. Ini merupakan kali ke empat bentuk kerjasama PPG UMP dengan mitra (Kwarcab Banyumas). Sebelumnya dua gelombang PPG Prajab tahun 2022 dan Gelombang 1 Tahun 2023 juga mengikuti KMD-KML. PPG UMP terus berkomitmen membekali dan menyiapkan calon-calon guru profesional tidak hanya melalui kegiatan akademik saja namun juga non akademik. PPG UMP menyiapkan lima kegiatan non-akademik bagi mahasiswa diantaranya; Kegiatan KMD-KML, Bela Negara bekerja sama dengan Korem 071 Wijayakusuma, AL Islam Kemuhammadiyahan, Wawasan Kebhinekaan Global, dan Workshop Penulisan PTK dan Artikel Ilmiah. Artinya setiap mahasiswa PPG di UMP nantinya akan mengikuti seluruh kegiatan tersebut sebagai bekal ketika nanti terjun di satuan pendidikan, terlebih tidak semua LPTK penyelenggara PPG Prajabatan mengadakan program-program tersebut, “ ujar Agung Nugroho Koordinator PPG FKIP Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Penulis: Tim Humas Universitas Muhammadiyah Purwokerto
Editor: Shintia Ira Claudia / Anyes Sedayu Pramesti

signal_cellular_alt dilihat: 1,497 x