Bergerak memenuhi
guru profesional

PPG FKIP Universitas Muhammadiyah Malang Selenggarakan Seminar Nasional Wawasan Kebangsaan dan Gelar Karya Pembelajaran Inovatif

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Malang melaksanakan kegiatan Seminar Nasional Wawasan Kebangsaan dan Gelar Karya Pembelajaran Inovatif yang bertempat di Hall Dome Universitas Muhammadiyah Malang (21/05/2024). Acara ini mengangkat tema Guru Profesional yang Berwawasan Kebangsaan sebagai Perwujudan Kebangkitan Pendidikan Nasional.

Narasumber pada kegiatan wawasan kebangsaan yaitu Ferry Maulana Putra, M.Ed., selaku Koordinator Pokja PPG Prajabatan, Prof. Syafiq Mughni,MA, selaku Ketua PP Muhammadiyah, dan Prof. Dr. Trisakti Handayani, MM., selaku Dekan dan Koordinator PPG FKIP UMM. Ferry Maulana Putra, M.Ed., selaku koordinator Pokja PPG Prajabatan, menyampaikan bahwa guru profesional yang berwawasan kebangsaan sebagai kebangkitan kebangkitan pendidikan nasional. Kebutuhan guru di Indonesia dapat dipenuhi melalui PPG Prajabatan. Guru berperan penting dalam meningkatkan wawasan kebangsaan dan kompetensi agar memenuhi kriteria guru profesional.

Prof. Dr. Syafiq Mughni, MA, menyampaikan bahwa dedikasi pengabdian diemban dan menjadi kewajiban pendidik untuk memperdayakan masyarakat. Pemikiran pendidikan kebangkitan nasional diperlukan guna meningkatkan jiwa nasionalis, rasa persatuan, dan kesadaran untuk memperjuangkan pendidikan. Prof. Dr. Trisakti Handayani, MM., menyampaikan bahwa guru profesional harus berpedoman Pancasila sebagai ideologi bangsa dan selalu berinovasi di Era Society 5.0. Tujuan diadakannya seminar nasional untuk meningkatkan ideologi yang ada jiwa pada seorang guru

Selain itu, bersamaan dengan kegiatan ini juga terdapat Gelar Karya Pembelajaran Inovatif yang diikuti oleh seluruh mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang 1 dan 2 tahun 2023. Pameran inovasi mahasiswa ini memiliki ide yang beragam, mahasiswa terbukti menyampaikan kekreatifannya dalam membuat inovasi dan menampilkan karya terbaik. Mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang 1 2023 menampilkan gelar karya hasil Projek Kepemimpinan, sedangkan mahasiswa PPG Gelombang 2 2023 menampilkan gelar karya tentang media pembelajaran yang inovatif selama pelaksanaan PPL.

Pameran ini menampilkan sejumlah karya mahasiswa PPG Prajabatan gelombang 1 dan 2 tahun 2023 dari seluruh program studi yang ada di PPG FKIP UMM, termasuk Bahasa Indonesia, Matematika, Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), dan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PKn). Dalam pameran gelar karya ini, berbagai produk ditampilkan, seperti Ecoprint, pembuatan buku Bijak Bersosial Media, lulur daun kemuning, permainan edukatif, media pembelajaran, inovasi pembelajaran, pembuatan bahan ajar, literasi, media berbasis teknologi, pembelajaran Culturally Responsive Teaching, dan berbagai konsep lainnya. Terdapat 19 stand yang mencerminkan hasil karya inovatif ini.

Melalui gelar karya, mahasiswa dapat menerapkan ilmu yang telah dimiliki dan mampu berinovasi menciptakan karya-karya terbaik. Tidak hanya itu, acara ini juga dimeriahkan oleh beberapa penampilan, diantaranya yaitu pembacaan Al-Qur'an, Tapak Suci, musikalisasi puisi, bernyanyi, ramah tamah, dan pembagian doorprize. Penampilan mahasiswa ikut meramaikan dan menambah kemeriahan.

Merah : Titis Putri Pamungkas (Tim Humas FKIP - PPG Univ Muhammadiyah Malang)
Editor : Shintia Ira Claudia / Anyes Sedayu Pramesti

signal_cellular_alt dilihat: 2,377 x