Bergerak memenuhi
guru profesional

Mahasiswa PPG FKIP UMM Mengikuti Bela Negara sebagai Pilar Utama dalam Pembangunan Bangsa

Sebanyak 515 mahasiswa Pendidikan Profesi Guru Prajabatan FKIP Universitas Muhammadiyah Malang mengikuti Bela Negara di Pangkalan Angkatan Laut Malang. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 05 - 06 Juni 2024. Upacara pembukaannya dihadiri oleh Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Malang, Prof. Dr. Trisakti Handayani, MM, Wakil Dekan I, Dr. Sugiarti , M.Si., Wakil Dekan II , Prof. Dr. Abdulkadir Rahardjanto, M.Si., serta Lanal TNI Malang. Dekan FKIP UMM, Prof. Trisakti Handayani, MM menyampaikan bahwa, “Bela negara merupakan pilar utama dalam pembangunan bangsa.

Maka dari itu sebagai seorang guru harus mempunyai salah satu aspek yang penting dan bekal yang kuat dalam pembangunan bangsa khususnya bela negara. Mahasiswa PPG Prajabatan UMM, merupakan calon guru profesional yang akan melanjutkan estafet pembangunan bangsa di masa depan. Tanggung jawab guru cukup berat di masa depan terutama tantangan yang dihadapi oleh generasi muda yang sangat kompleks. Sehingga bela negara menjadi pilar utama untuk menjadikan Indonesia sebagai bangsa yang tangguh dan cerdas dalam menghadapi situasi yang tidak menentu”.

Selama kegiatan bela negara di Lanal Malang, siswa dituntut untuk mengikuti peraturan yang berlaku sebagai salah satu bentuk kedisiplinan dan sikap untuk menghargai waktu. Selain itu, mahasiswa juga mengikuti materi kepemimpinan, wawasan kebangsaan dan nasionalisme yang disampaikan oleh TNI Lanal Malang. Dalam hal ini, diharapkan siswa dapat memahami dan sadar akan pentingnya cinta tanah air dan bangga menjadi bangsa Indonesia.

Kegiatan tersebut resmi ditutup dengan upacara penutupan pada Kamis, 06 Juni pukul 13.30 WIB. Upacara penutupan berlangsung khidmat dan meriah dengan persembahan yel-yel dari para siswa. “Diharapkan dengan adanya kegiatan selama dua hari tersebut dapat menjadi bekal bagi siswa untuk menjadi guru yang memiliki wawasan kebangsaan, ilmu pengtahuan, dan membentuk keterampilan serta karakter sebagai guru profesional”, ujar Walikota Laut (T) Eko Wahyu Santoso mewakili Komandan Lanal Malang, Kolonel Laut (KH/W) Rinanda Sintasari, S.Sos., M.Tr.

Mahasiswa juga menyampaikan “Terima kasih kepada UMM telah diberikan kesempatan untuk mengikuti kegiatan Bela Negara di Lanal Malang. Disini banyak sekali pelajaran yang dapat kami ambil, seperti disiplinan, kerja sama dan berkolaborasi dengan baik antar teman. Selain itu, sikap Bela Negara akan senantiasa kami tanamkan untuk mencetak dan mendidik generasi penerus bangsa”. Menutup kegiatan tersebut dengan pemberian marchandise sebagai bentuk apresiasi kepada mahasiswa PPG Prajabatan UMM dan dilanjutkan sesi foto bersama.

Penulis: Dewi Luthfiana (Mahasiswa PPG Prajabatan UMM)
Editor: Shintia Ira Claudia / Anyes Sedayu Pramesti 

signal_cellular_alt dilihat: 4,437 x