Bergerak memenuhi
guru profesional

Hasil Riset Menunjukkan Rendahnya Kebugaran Fisik, UNESA Gaungkan Senam Guru Indonesia

Universitas Negeri Surabaya (UNESA) memecahkan Rekor Muri dalam kegiatan launching Senam Guru Indonesia yang diikuti oleh 2.000 guru se-Kota Surabaya di halaman Gedung Rektorat UNESA, Surabaya, Sabtu 8 Juni 2024.

Kepala Badan Pendidikan Profesi Guru Unesa, Fatkur Rohman Kafrawi mengatakan, launching Senam Guru Indonesia ini tak lain untuk kembali menggaungkan senam di lingkungan masyarakat.

"Kami ingin mengembalikan tradisi senam kebugaran jasmani yang dulu pernah populer. Tujuannya untuk meningkatkan aktivitas fisik dan kebugaran para guru dan masyarakat pada umumnya," kata Fatkur.

Ia mengatakan, senam guru ini sengaja digaungkan berdasar hasil riset terkait kebugaran fisik yang rendah. Bahkan, dari data hanya 3.513 masyarakat melakukan aktivitas kebugaran fisik.

Angka ini, ujar pria yang pernah menjadi tim masase Persebaya itu, masih rendah karena idealnya untuk membuat SDM unggul, minimal 10.000 orang yang rutin berolahraga.

"Oleh karena itu, UNESA sebagai pencetak calon guru mencoba menginisiasi program efektif," ujarnya lagi, yang akrab disapa Masteng.

Sementara itu, Temu Ismail selaku Sekretaris Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbudristek, menyampaikan apresiasi atas gebrakan yang dilakukan UNESA karena dapat mencetak guru unggul dan pada akhirnya kelak mencetak SDM unggul ke depan.

"Terima kasih telah menginisiasi sebuah inovasi baru yang bukan saja bermanfaat bagi lembaga, tapi juga guru, dan masyarakat pada umumnya," kata Temu.

 

signal_cellular_alt dilihat: 1,014 x