Bergerak memenuhi
guru profesional

Transformasi Pendidikan Profesi Guru di Indonesia dan Australia

Direktorat Pendidikan Profesi Guru (PPG), Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) telah menyelenggarakan seminar bilateral antara Indonesia dan Australia dengan tema “Transformasi Pendidikan Profesi Guru di Indonesia dan Australia” pada Senin, 20 Maret 2023 di Universitas Negeri Surabaya.  Seminar bilateral ini merupakan hasil kerja sama antara Direktorat PPG dengan Program Studi PPG UNESA. Para narasumber yang hadir dalam seminar tersebut berasal dari para pemangku kepentingan yang terkait erat dengan penyelenggaraan PPG Prajabatan serta delegasi konsorsium pendidikan guru negara Australia.

Direktur PPG, Temu Ismail, dalam sambutannya mengatakan bahwa sebelum seminar diselenggarakan, Direktorat PPG telah melaksanakan kunjungan belajar ke Australia melalui di bawah naungan program kerja sama antara Ditjen GTK dan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) dengan INOVASI. Kunjungan tersebut, menurut Temu Ismail, bertujuan melakukan studi lapangan, kebijakan, dan perbandingan praktik baik program Pendidikan Calon Guru (Initial Teacher Education) di Australia dan fokus pada perkembangan implementasi program Pendidikan Calon Guru di beberapa negara bagian Australia. 


“Sebagai tindak lanjut kegiatan kunjungan belajar tersebut Direktorat PPG menyelenggarakan seminar bilateral ini untuk merumuskan lebih lanjut praktik baik yang bisa diterapkan dalam tata kelola PPG,” ujarnya.

Direktur Temu merasa perlu untuk melakukan peningkatan kerja sama antara penyelenggara PPG dengan konsorsium penyelenggaraan pendidikan guru di Australia dalam rangka peningkatan mutu penyelenggaraan pendidikan guru di kedua belah pihak 

Yuk Jadi Guru!

Simak artikel lengkap pada laman berikut:

https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2023/03/direktorat-ppg-selenggarakan-seminar-transformasi-pendidikan-di-indonesia-dan-australia 

#PPG #PendidikanProfesiGuru #MerdekaBelajar #DitjenGTK #GTK

signal_cellular_alt dilihat: 2,067 x