Oleh : Putri Bela Oktaviani
Editor : Dr. Romi Siswanto, M.Si.
Dalam mengelola pelepasan dan
penyebaran informasi terhadap publik dalam mempertahankan citra yang baik,
suatu instansi membutuhkan humas. Menurut Dr. Rex F. Harlow, Humas adalah
fungsi manajemen yang khas yang membantu membangun dan memelihara jalur komunikasi
dua arah, saling pengertian, penerimaan, dan kerja sama antara perusahaan dan
karyawannya untuk mendukung kemampuan manajemen untuk tetap bertahan. informasi
dan bereaksi terhadap opini publik. Humas adalah bagian dari lembaga pemerintah
atau perusahaan yang melakukan tindakan untuk mendapatkan dukungan publik untuk
usahanya, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Departemen hubungan
masyarakat sangat penting untuk organisasi mana pun, bahkan organisasi
pemerintah.
Peran Humas dalam lingkup pemerintahan
penting untuk membangun citra positif instansi pemerintah dalam menyenarkan
program-program strategis pemerintah. Dalam Pemerintahan humas dituntut untuk
mempunyai kemampuan dalam menghadapi tantangan dan persoalan yang ada dengan
sangat cepat. Fungsi humas dalam pemerintahan yang paling signifikan yaitu
untuk meringankan dalam menjabarkan serta menggapai goals program pemerintahan, Sikap responsif pemerintah dan memberi
informasi yang terpecaya terhadap masyarakat merupakan kewajiban seluruh instansi
pemerintah Kepercayaan masyarakat terhadap pelayanan serta kebijakan yang
dihasilkan pemerintah memberikan pengaruh yang besar di masyarakat. Agar
kebijakan-kebijakan yang dihasilkan dapat diterima dan dipatuhi oleh masyarakat
maka dibutuhkan tingkat kepercayaan yang tinggi. Dalam meningkatkan kepercayaan
masyarakat terhadap pemerintah, ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh
seorang humas dalam pemerintahan.
Hal pertama yaitu mengenai
kepercayaan atau trust yang merupakan
syarat mutlak dalam pemerintahan yang baik. Implementasi kebijakan saat ini,
seperti politik dan ekonomi yang masuk akal yang sangat penting untuk membangun
pemerintahan yang baik, dapat membangun kepercayaan publik terhadap pemerintah.
Pemerintah harus mempertimbangkan isu-isu ke depan dalam mengembangkan
kebijakan terkait daya saing, seperti isu ketimpangan sosial ekonomi.
Keterpaduan, keserasian, dan keselarasan antara kepentingan pemerintah dan
kepentingan masyarakat seharusnya dapat diwujudkan dengan adanya humas.
Kedua
yaitu transparansi, transparansi di bidang pemerintahan berkaitan dengan
menyampaikan informasi yang terbuka dalam artian masyarakat bisa dengan mudah
mengakses dan memperoleh informasi yang berkaitan dengan progres yang ada di
pemerintah. Adanya humas di pemerintahan juga bertujuan untuk menyampaikan
informasi kepada masyarakat mengenai tugas pokok, aktivitas, serta
kebijakan-kebijakan pemerintah. Dengan adanya transparansi mengenai informasi
dapat meningkatkan komunikasi masyarakat dengan pemerintah dan memberikan
kesempatan bagi masyarakat untuk dapat terlibat secara langsung dalam melakukan
pengawasan terhadap aktivitas di pemerintahan.
Ketiga partisipasi masyarakat,
melibatkan masyarakat dalam pengambilan keputusan baik secara langsung ataupun
melalui lembaga perwakilan yang sah untuk mewakili kepetingan masyarakat juga
merupakan salah satu aspek dalam meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap
pemerintah. Dengan melibatkan masyarakat dalam berpartisipasi secara menyeluruh
dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat bahwa mereka telah diberi kebebasan
untuk menyampaikan pendapat dan berpartisipasi. Dalam hal ini humas memiliki
peran untuk mendorong dan menegakkan peran aktif masyarakat untuk dapat
berpartisipasi di dalamnya.
Yang keempat responsif, yaitu humas
pemerintahan harus cepat tanggap terhadap persoalan yang ada di masyarakat agar
dapat terbentuk opini bahwa pemerintah membangun kepercayaan. Sebagai humas di
pemerintahan harus dapat memberi pemahaman kepada masyarakat mengenai peran
pemerintah sebagai pelayanan masyarakat yang tidak bertujuan untuk memperoleh
keuntungan atau profit. Jika humas berhasil membuat masyarakat paham mengenai
hal tersebut, kepercayaan masyarakat kepada pemerintah akan meningkatkan karena
adanya kepuasan masyarakat.
Meningkatnya kepercayaan masyarakat
terhadap pemerintah dapat terwujud salah satunya yaitu melalui peran dari humas
dalam pemerintahan tersebut. Sesuai dengan tugas pokoknya, humas bertugas untuk
menjadi jembatan informasi bagi instansi pemerintah, dalam hal ini pemerintah
dan masyarakat penerima informasi. Dengan adanya humas, informasi mengenai
aktivitas dan kebijakan-kebijakan yang ada dalam masyarakat akan dapat
tersampaikan dengan baik. Dalam meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap
pemerintah, humas dapat menerapkan hal-hal diatas yaitu kepercayaan,
transparansi, partisipasi masyarakat, dan responsif.
Sumber :
https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/hubungan%20masyarakat
https://www.kompas.com/skola/read/2021/12/09/123000069/10-pengertian-humas-menurut-para-ahli?page=all
Andhika,
Lesmana Rian. 2018. “Meningkatkan Kepercayaan Publik Terhadap Pemerintah
Melalui Redesain Proses Kebijakan”. Jurnal Ilmu Pemerintahan, Vol 3(1).
Bandung.
Kasmirus,
Wiji. 2013. “Peran Kehumasan Dalam Membangun Citra Pemerintah di Kabupaten
Kutai Barat“. Jurnal Administrasi Reform, Vol.1(1)
Arwati,
Dini., Dini Verdania Latif. 2019. “Tingkat Kepercayaan Masyarakat Terhadap
Transparansi Keuangan dalam E Government Kota Bandung”. Jurnal Bisnis,
Manajemen dan Perbankan, Vol 5(2)