Bergerak memenuhi
guru profesional

Peran Hubungan Masyarakat dalam Meningkatkan Kepercayaan Masyarakat Terhadap Instansi Pemerintah

Oleh : Putri Bela Oktaviani
Editor : Dr. Romi Siswanto, M.Si. 

Dalam mengelola pelepasan dan penyebaran informasi terhadap publik dalam mempertahankan citra yang baik, suatu instansi membutuhkan humas. Menurut Dr. Rex F. Harlow, Humas adalah fungsi manajemen yang khas yang membantu membangun dan memelihara jalur komunikasi dua arah, saling pengertian, penerimaan, dan kerja sama antara perusahaan dan karyawannya untuk mendukung kemampuan manajemen untuk tetap bertahan. informasi dan bereaksi terhadap opini publik. Humas adalah bagian dari lembaga pemerintah atau perusahaan yang melakukan tindakan untuk mendapatkan dukungan publik untuk usahanya, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Departemen hubungan masyarakat sangat penting untuk organisasi mana pun, bahkan organisasi pemerintah.

Peran Humas dalam lingkup pemerintahan penting untuk membangun citra positif instansi pemerintah dalam menyenarkan program-program strategis pemerintah. Dalam Pemerintahan humas dituntut untuk mempunyai kemampuan dalam menghadapi tantangan dan persoalan yang ada dengan sangat cepat. Fungsi humas dalam pemerintahan yang paling signifikan yaitu untuk meringankan dalam menjabarkan serta menggapai goals program pemerintahan, Sikap responsif pemerintah dan memberi informasi yang terpecaya terhadap masyarakat merupakan kewajiban seluruh instansi pemerintah Kepercayaan masyarakat terhadap pelayanan serta kebijakan yang dihasilkan pemerintah memberikan pengaruh yang besar di masyarakat. Agar kebijakan-kebijakan yang dihasilkan dapat diterima dan dipatuhi oleh masyarakat maka dibutuhkan tingkat kepercayaan yang tinggi. Dalam meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah, ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh seorang humas dalam pemerintahan.

Hal pertama yaitu mengenai kepercayaan atau trust yang merupakan syarat mutlak dalam pemerintahan yang baik. Implementasi kebijakan saat ini, seperti politik dan ekonomi yang masuk akal yang sangat penting untuk membangun pemerintahan yang baik, dapat membangun kepercayaan publik terhadap pemerintah. Pemerintah harus mempertimbangkan isu-isu ke depan dalam mengembangkan kebijakan terkait daya saing, seperti isu ketimpangan sosial ekonomi. Keterpaduan, keserasian, dan keselarasan antara kepentingan pemerintah dan kepentingan masyarakat seharusnya dapat diwujudkan dengan adanya humas.

Kedua yaitu transparansi, transparansi di bidang pemerintahan berkaitan dengan menyampaikan informasi yang terbuka dalam artian masyarakat bisa dengan mudah mengakses dan memperoleh informasi yang berkaitan dengan progres yang ada di pemerintah. Adanya humas di pemerintahan juga bertujuan untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat mengenai tugas pokok, aktivitas, serta kebijakan-kebijakan pemerintah. Dengan adanya transparansi mengenai informasi dapat meningkatkan komunikasi masyarakat dengan pemerintah dan memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk dapat terlibat secara langsung dalam melakukan pengawasan terhadap aktivitas di pemerintahan.

Ketiga partisipasi masyarakat, melibatkan masyarakat dalam pengambilan keputusan baik secara langsung ataupun melalui lembaga perwakilan yang sah untuk mewakili kepetingan masyarakat juga merupakan salah satu aspek dalam meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah. Dengan melibatkan masyarakat dalam berpartisipasi secara menyeluruh dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat bahwa mereka telah diberi kebebasan untuk menyampaikan pendapat dan berpartisipasi. Dalam hal ini humas memiliki peran untuk mendorong dan menegakkan peran aktif masyarakat untuk dapat berpartisipasi di dalamnya.

Yang keempat responsif, yaitu humas pemerintahan harus cepat tanggap terhadap persoalan yang ada di masyarakat agar dapat terbentuk opini bahwa pemerintah membangun kepercayaan. Sebagai humas di pemerintahan harus dapat memberi pemahaman kepada masyarakat mengenai peran pemerintah sebagai pelayanan masyarakat yang tidak bertujuan untuk memperoleh keuntungan atau profit. Jika humas berhasil membuat masyarakat paham mengenai hal tersebut, kepercayaan masyarakat kepada pemerintah akan meningkatkan karena adanya kepuasan masyarakat.

Meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah dapat terwujud salah satunya yaitu melalui peran dari humas dalam pemerintahan tersebut. Sesuai dengan tugas pokoknya, humas bertugas untuk menjadi jembatan informasi bagi instansi pemerintah, dalam hal ini pemerintah dan masyarakat penerima informasi. Dengan adanya humas, informasi mengenai aktivitas dan kebijakan-kebijakan yang ada dalam masyarakat akan dapat tersampaikan dengan baik. Dalam meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah, humas dapat menerapkan hal-hal diatas yaitu kepercayaan, transparansi, partisipasi masyarakat, dan responsif.

 

Sumber :

https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/hubungan%20masyarakat
https://www.kompas.com/skola/read/2021/12/09/123000069/10-pengertian-humas-menurut-para-ahli?page=all

Lubis, Evawani Elysa. 2012. “Peran Humas Dalam Membentuk Citra Pemerintah”. Jurnal Ilmu Administrasi Negara, Vol 12(1). Pekanbaru.
Andhika, Lesmana Rian. 2018. “Meningkatkan Kepercayaan Publik Terhadap Pemerintah Melalui Redesain Proses Kebijakan”. Jurnal Ilmu Pemerintahan, Vol 3(1). Bandung.
Kasmirus, Wiji. 2013. “Peran Kehumasan Dalam Membangun Citra Pemerintah di Kabupaten Kutai Barat“. Jurnal Administrasi Reform, Vol.1(1)
Arwati, Dini., Dini Verdania Latif. 2019. “Tingkat Kepercayaan Masyarakat Terhadap Transparansi Keuangan dalam E Government Kota Bandung”. Jurnal Bisnis, Manajemen dan Perbankan, Vol 5(2)
Nawawi, Juanda. 2012. “Membangun Kepercayaan Dalam Mewujudkan Good Governance”. Juenal Ilmuah Ilmu Pemerintahan, Vol 1(3).

signal_cellular_alt dilihat: 18,087 x