Bergerak memenuhi
guru profesional

Direktorat PPG Siap Adopsi Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia

Direktorat PPG berupaya meningkatan mutu pendidikan dengan mengadopsi sistem pendidikan terbaik dunia di Finlandia. Pendidikan Profesi Guru di Finlandia dilaksanakan melalui jalur pendidikan akademik, yaitu
pendidikan sarjana (S1) untuk guru prasekolah, pendidikan magister (S2) untuk guru sekolah dasar, dan pendidikan guru mata pelajaran; serta melalui pendidikan di politeknik ditambah materi pendidikan untuk guru vokasi. Perguruan tinggi dan sekolah diberikan keleluasaan dalam pengembangan kurikulum Pendidikan Guru, dengan mengacu pada garis besar kurikulum yang ditetapkan oleh pemerintah.

Pemerintah Finlandia pada tahun 2016 melakukan upaya perbaikan pendidikan guru terutama untuk meningkatkan orientasi guru baru terhadap profesi, meningkatkan partisipasi guru dalam pelatihan pengembangan profesional berkelanjutan, mempersiapkan lulusan pendidikan guru agar mampu berkolaborasi dengan orang tua, mengembangkan jaringan dengan ahli kesehatan, serta mengendalikan perilaku mengganggu di kelas atau mengelola kebutuhan siswa yang lebih menantang.

"Kolaborasi antara orang tua, sekolah, dan guru di Finlandia sangatlah baik. Dalam hal ini, kita dapat mengadopsinya dan menerapkan di sekolah-sekolah. Dengan dukungan dari kedutaan besar Finlandia di Indonesia. Kami berharap, dosen-dosen dapat turut memaparkan dan mengimplementasikan apa yang telah dipelajari kepada pada guru-guru yang nantinya jadi mahasiswa PPG," Jelas Iwan Syahril selaku Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.

(Shintia, 26/03/2022)

signal_cellular_alt dilihat: 539 x
Live Chat Admin PPG