Bergerak memenuhi
guru profesional

Membangun Karakter “Anggung Wimbuh Linuwih” Mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang 1 Tahun 2023 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

Surabaya, 28 April 2024 - Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan Gelombang 1 Tahun 2023 di Universitas Wijaya Kusuma (UWKS) Surabaya telah sukses menyelenggarakan kegiatan penguatan karakter bagi mahasiswanya. Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 26-27 April 2024 INI, melibatkan mahasiswa dari tiga bidang studi utama yaitu Bahasa Indonesia, Matematika, dan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD).

Dalam acara yang diadakan selama dua hari tersebut, mahasiswa PPG Prajabatan diberikan kesempatan untuk mengembangkan karakter diri mereka sesuai dengan nilai-nilai yang dijunjung tinggi oleh tokoh sejarah Indonesia, Raden Wijaya. Karakter-karakter tersebut antara lain Tatag (Tangguh), Teteg (Tegar), Teguh (Kokoh), Tanggon (Tawakal), dan Tripsila (Tegap).

Kegiatan penguatan karakter ini dirancang untuk membantu mahasiswa PPG Prajabatan membangun pondasi karakter yang kuat dan sesuai dengan nilai-nilai luhur bangsa. Melalui serangkaian workshop, diskusi, dan kegiatan refleksi diri, mereka diajak untuk memahami makna dan pentingnya karakter yang tangguh dan kokoh dalam menjalani profesi sebagai seorang pendidik.

"Kami berharap melalui kegiatan ini, mahasiswa PPG Prajabatan tidak hanya menjadi guru yang cerdas secara akademis, tetapi juga memiliki karakter yang kuat dan sesuai dengan nilai-nilai kepahlawanan yang diperjuangkan oleh Raden Wijaya," ujar Dekan FKIP

Selama dua hari tersebut, mahasiswa aktif terlibat dalam berbagai kegiatan yang dirancang untuk menguji dan memperkuat karakter mereka. Mulai dari sesi diskusi kelompok, permainan simulasi, hingga sesi refleksi pribadi, mereka diberikan kesempatan untuk menggali potensi diri dan mengembangkan sikap yang teguh dan tangguh dalam menghadapi berbagai tantangan.

Dengan harapan bahwa karakter yang telah diperkuat melalui kegiatan ini akan membawa dampak positif dalam kehidupan pribadi dan profesional mahasiswa, UWKS berkomitmen untuk terus mengadakan kegiatan-kegiatan penguatan karakter seperti ini sebagai bagian dari upaya mendidik generasi muda yang unggul, berintegritas, dan mampu menjadi agen perubahan dalam masyarakat.

Penulis: Tim Humas Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
Editor: Shintia Ira Claudia / Anyes Sedayu Pramesti 

signal_cellular_alt dilihat: 3,924 x