Bergerak memenuhi
guru profesional

Expo Gelar Karya dan Pentas Seni Mahasiswa PPG Prajabatan Universitas Pendidikan Indonesia Gelombang 1 Tahun 2023: Bersatu dalam Kebinekaan, Membangun Generasi Emas 2045

Mahasiswa PPG Prajabatan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Gelombang 1 Tahun 2023 sukses menggelar Expo Proyek Kepemimpinan. Acara ini merupakan bagian dari mata kuliah Proyek Kepemimpinan bertema "Diversity in Education" yang dilaksanakan pada Selasa, 25 Juni 2024 di Gedung Achmad Sanusi UPI.

Tema "Diversity in Education" dihidupkan melalui maskot acara yang terdiri dari tiga karakter utama, yaitu Puspa, Pandu, dan Gumilang (membentuk akronim PPG). Puspa berseragam SD, diwakili sosok harimau putih yang melambangkan keberanian dan kesabaran. Pandu mengenakan seragam SMP, diwakili oleh kancil yang cerdik dan gesit. Gumilang mengenakan seragam SMA, diwakili oleh elang jawa yang teliti dan presisi. Ketiga maskot ini melambangkan peran guru dalam membimbing peserta didik menuju masa depan gemilang.

Dalam laporannya Ketua Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG) Sekolah Pascasarjana (SPs) UPI, Prof. Dr. H. Asep Herry Hernawan, M.Pd. mengatakan bahwa kegiatan expo ini tidak hanya memamerkan produk proyek kepemimpinan, tetapi juga diisi berbagai lomba dan apresiasi, diantaranya lomba publikasi ilmiah, lomba video praktik pembelajaran mahasiswa PPG, lomba gelar karya proyek kepemimpinan mahasiswa PPG, apresiasi praktik baik guru pamong dan dosen pembimbing lapangan, dan dimeriahkan pula oleh pentas seni mahasiswa dari 19 bidang studi.

Penyelenggaraan kegiatan expo di bawah bimbingan Dr. Sahroni, S.Sn., M.Pd. yang merupakan dosen tetap Prodi PPG UPI ini merupakan wadah bagi mahasiswa PPG Prajabatan untuk menunjukkan dedikasi, kreativitas, dan kemampuan kepemimpinan. Diharapkan kegiatan ini dapat menjadi sumber inspirasi bagi semua dan menjadi langkah awal terciptanya pemimpin-pemimpin masa depan yang mampu membawa perubahan positif bagi kemajuan pendidikan, masyarakat, dan bangsa, ujar Prof. Dr. H. Asep Herry Hernawan, M.Pd.

Expo Proyek Kepemimpinan Mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang 1 Tahun 2023 ini dibuka secara resmi dengan pemukulan gong oleh Prof. Dr. Juntika Nurihsan, M.Pd., selaku Direktur SPs UPI. Dalam sambutannya Beliau menyampaikan bahwa mahasiswa PPG adalah calon pemimpin dalam ruang-ruang pembelajaran yang membutuhkan kemampuan menyelesaikan masalah secara cepat, tepat, dan akurat. Mahasiswa PPG adalah calon pendidik profesional yang adaptif terhadap perubahan, dan menjadi sosok panutan dalam bersikap, berucap, dan berbuat bagi siswanya. Dengan demikian, istilah guru “digugu dan ditiru” dapat terwujud.

Pada acara pembukaan, hadir para dekan fakultas, koordinator bidang studi, dosen tetap PPG, dosen pengampu mata kuliah proyek kepemimpinan, dosen pembimbing lapangan PPL, dan guru pamong. Dihadiri pula oleh tidak kurang dari 1.300 orang mahasiswa PPG Prajabatan.

signal_cellular_alt dilihat: 2,274 x